Bravo, Kemenlu Pulangkan 168 WNI dari Filipina

1120
Pesona Indonesia

tiputipuhaji modusbatampos.co.id – Pemerintah berhasil memulangkan 168 dari 177 warga negara Indonesia (WNI) yang selama ini ditahan otoritas Filipina.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Priansari Marsudi yang mendapatkan laporan langsung dari Manila saat rapat dengan komisi I DPR, Rabu (31/8).

Ya, sejak siang waktu Manila, tim dari Kemenlu mengadakan pertemuan dengan Departement of Justice Filipina untuk membahas nasib para WNI. Sebelum pertemuan itupun, Presiden Filipina ‚ÄéRodrigo Duterte telah memberi sinyal agar 177 calon jemaah haji tersebut dikembalikan ke Indonesia.

“Hasilnya bahwa dari 177, 168 sudah dapat diproses untuk tinggalkan Manila,” ujar Retno.

Kini, Kemenlu melalui Kedutaan Besar RI di Manila segera mengurus administrasi untuk memulangkan 168 WNI tersebut. Memang, masih ada sembilan lainnya untuk sementara diminta tinggal oleh otoritas Filipina.

Sebab, mereka ingin menggali sejumlah informasi terkait biro perjalanan haji ilegal menggunakan kuota haji Filipina.

“Yang sembilan sementara diminta tinggal di Manila karena diperlukan beberapa info. Tapi selama proses pendalaman lebih lanjut maka mereka diperbolehkan untuk tetap tinggal di fasilitas yang dimiliki KBRI,” pungkas Retno. (dna/JPG)

 

baca juga:

Filipina Tangkap 200 Warga Asing, 177 Diantaranya WNI

Berniat Haji via Filipina, 177 WNI Terancam …

Kondisi Terkini 177 JCH Indonesia yang Ditangkap di Filipina …

Respon Anda?

komentar