Pak Bupati! Kecamatan Siantan Timur Butuh Jalan Lingkar

663
Pesona Indonesia
Pulau Punjung, Siantan Timur.
Pulau Punjung, Siantan Timur.

batampos.co.id – Kecamatan Siantan Timur butuh jalan lingkar yang menghubungkan tiga desa yakni Desa Air Putih, Desa Nyamuk dan Desa Serat. Desa Air Putih menjadi salah satu desa yang terus menyuarakan agar jalan lingkar kecamatan itu segera diwujudkan.

Pantauan di lapangan, karena belum ada jalan lingkar, maka saat ini warga setempat jika akan bepergian ke desa lain, masih menggunakan jalur laut, padahal tiga desa itu masih satu pulau. Dengan jalur laut antara desa satu ke desa lainnya bisa sampai satu jam.

“Kalau dari Air Putih ke Nyamuk lebih kurang satu jam. Kalau ke Serat sekitar 30 menit, tergantung kecepatan pompongnya,” ujar Kepala Desa Air Putih, Azam Bazir, Senin (29/8).

Menurutnya, jalan darat memang harus dibangun karena tidak terlalu memakan biaya banyak. Jalan diperkirakan hanya sekitar 20 kilometer panjangnya. “Terserah teknisnya bagaimana, apakah dibuat jalan poros atau jalan melingkar yang penting ada jalan di tiga desa itu,” ungkapnya lagi.

Ia pun cukup menyesalkan pembangunan yang terkesan tebang pilih terlebih sejak delapan tahun Anambas menjadi kabupaten. Hal ini menurutnya bisa terlihat, dari pembangunan infrastruktur jalan di kecamatan lain seperti di Siantan, Palmatak bahkan Jemaja.

“Itu yang saya kesalkan. Kami paham hal ini program pemerintah. Coba abang lihat, kecamatan lain desa mana yang tidak bisa dijangkau. Apa memang kurang desakan dewan. Memang kami sadari itu,” keluhnya.

Usulan pembangunan jalan lingkar ini pun, diakui Azam pernah ditanggapi serius oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris. Menurutnya, Bupati berkeinginan agar pembangunan jalan lingkar pulau tidak merusak hutan, sumber air serta merusak kebun milik masyarakat.

“Sudah lama kami mengusulkan hal ini. Untuk Desa Air Putih sejak tahun 2013 kami usulkan. Usulan ini masuk dalam daftar, namun tidak masuk dalam prioritas. Pak Bupati pernah menyampaikan seperti itu. Beliau berkeinginan Pulau Bajau, Pulau di Siantan Timur dalam lingkar pulau. Memang konsekuensinya lebih jauh,” jelasnya.

Sementara itu, Muhammad Da’i, anggota DPRD Anambas dapil Siantan Timur memandang perlu akses jalan lingkar tersebut. Ia pun berupaya untuk merealisasikan agar pembangunan jalan tersebut dapat terealisasi sehingga dapat dinikmati masyarakat.

“Akses jalan ini memang penting. Kami akan upayakan agar hal ini cepat terealisasi sehingga dapat dinikmati masyarakat,” tutupnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar