Waspada Pohon Tumbang

374
Pesona Indonesia
Pohon tua ancam keselamatan warga. foto:rpg
Pohon tua ancam keselamatan warga. foto:rpg

batampos.co.id – Beberapa median kanan-kiri ruas jalan di Tanjungpinang ditumbuhi pohon-pohon yang tidak saja tinggi dan rindang tapi juga tua. Semisal Jalan RH Fisabilillah, Jalan Wiratno, hingga Jalan Soekarno Hatta yang membentang hingga kawasan Teluk Keriting. Keberadaan pohon-pohon ini bak simalakama. Ketika panas sedang terik meneduhkan. Kala hujan deras yang dibarengi angin kencang bisa-bisa menumbangkan.

Karena itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengimbau kepada seluruh warganya agar lebih waspada terhadap ancaman pohon tumbang ketika musim hujan. “Perawatan serta pemotongan dahan-dahan tua tetap kami lakukan. Tapi itu semua bukan berarti tidak ada kemungkinan pohon itu bisa tumbang,” imbau Lis, kemarin.

Ketika hujan deras dan angin kencang, Lis mengimbau warganya agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Termasuk pula melintasi jalanan-jalanan yang sisi kanan-kirinya ditumbuhi pohon-pohon tua. Malang tak pernah berbau, kata Lis. “Kita semua hanya bisa mengupayakan yang terbaik agar terhindarkan dari kecelakaan,” tegasnya.

Hingga kini, perapian dan pemangkasan dahan-dahan tua tetap dilakukan instansi terkait. Lis mengaku, itu adalah intruksinya. Setiap kali melintasi jalanan Tanjungpinang, wali kota pertama laki-laki ini senantiasa melihat langsung kondisi-kondisi pohon yang ada. Ia hanya ingin musibah tumbangnya pohon tua di kawasan Jalan Wiratno yang menewaskan seorang pengendara itu adalah yang terakhir.

“Sekali lagi, bahwasanya musibah ada di tangan Tuhan itu, iya. Tapi manusia bisa seupaya mungkin mencegahnya,” ujarnya.

Cuaca beberapa hari terakhir di Tanjungpinang masih diwarnai hujan. Ada kalanya siang atau malam. Sesekali bahkan disertai angin kencang. Berdasarkan pemantauan Badan Meteorolohi Klimatologi dan Geofisika Tanjungpinang, hingga hari ini masih terjadi hujan di kawasan ibu kota. Intensitasnya memang tidak tinggi. Hanya hujan ringan. Sedangkan kecepatan angin dari arah selatan mencapai 16 kilometer per jam. Biasanya kecepatan ini semakin meninggi kala hujan semakin deras. Ketika cuaca sedang buruk, amat tidak dibenarkan beraktivitas di wilayah pesisir dan seputaran jalan yang ditumbuhi pohon-pohon tua. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar