1.000 Warga Kecamatan Lingga Belum Punya e-KTP

531
Pesona Indonesia

e-ktpbatampos.co.id – Camat Lingga, Agus Karyadi mengatakan hingga saat ini sedikitnya seribu warga Kecamatan Lingga belum memiliki e-KTP. Rusaknya server di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Lingga di Dabo Singkep menjadi kendala perekaman sejak tiga tahun terakhir.

“Akibat server di disdukcapil rusak, mesin perekam data kependudukan yang ada di kita tidak bisa konek,” kata Agus Karyadi, Rabu (31/8).

Disampaikan Agus, dari data yang ada total warga kecamatan Lingga di 11 desa dan kelurahan yang sudah wajib memiliki KTP berjumlah 10.000 jiwa. Namun masih 10 persen yang belum dapat direkam.

Terkait kendala tersebut, Agus mengatakan kecamatan juga telah menyurati desa untuk mendata ulang penduduknya yang belum memiliki KTP. Namun, sampai saat data yang diminta, terang Agus, belum sampai kepada pihak kecamatan.

“Sepuluh persen ini masih prediksi kita, bisa jadi bertambah atau berkurang. Rata-rata yang baru berusia 17 tahun yang belum memiliki e-KTP. Kita juga sudah surati kepada bapak Bupati, periode sebelumnya dan sekarang minta diaktifkan server di disdukcapil agar data kependudukan dapat segera diselesaikan. Tapi sampai saat ini masih mengambang,” tambahnya.

Hingga saat ini, kata Agus, pihaknya masih menunggu arahan dari dari disdukcapil. Ia berharap, mesin perekaman di kecamatan dapat segera diaktifkan mengingat rentang kendali tiga kecamatan tetangga seperti Lingga Timur, Lingga Utara dan Kecamatan Senayang yang juga melakukan perekaman e-KTP di Kecamatan Lingga.

“Jadi mesin perekam di sini untuk 4 kecamatan. Di Senayang, mesinnya rusak. Kalau warga Kecamatan Lingga Timur, Lingga Utara dan Senayang harus ke disdukcapil di Dabo Singkep, jaraknya jauh dan ongkos lebih mahal,” sambung Agus.

Sementara itu, untuk wilayah Kecamatan Lingga yang terisolir dan cukup jauh dari pusat ibukota seperti Desa Pekajang dan Mentuda, pihak kecamatan dikatakan Agus siap mendampingi disdukcapil melakukan perekaman.

“Kalau disduk mau langsung turun, kita siap mendampingi,” tukasnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar