Batam Masih Aman, Pelabuhan Belum Temukan Wisman Virus Zika

481
Pesona Indonesia
Alat monitor suhu tubuh (Thermal Meter) penumpang dari Singapore dan Malaysia yang terpasang di sejumlah pelabuhan di Batam yang merupakan upaya dari Kementrian Kesehatan Indonesia terhadap virus Zika, Pelabuhan Internasional Batamcenter, Rabu (31/8). F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos
 F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam, melakukan pengecekan suhu tubuh kepada 20 penumpang dari Singapura di Pelabuhan Internasional Sekupang, Rabu (31/8).

Petugas langsung melakukan pemerikasaan dengan menggunakan thermometer digital.

“Tadi ada 20 menitanlah kami melakukan periksaan, dan hasilnya semua penumpang aman, rata-rata suhu badan mereka berkisar 35-36 celcius,” kata Kepala KKP Kelas I Batam, Anas Maruf, Rabu (31/8).

Kegitan ini merupakan antisipasi penyebaran virus Zika yang telah mewabah di Singapura. Selain melakukan pemeriksaan pada tubuh, petugas juga membagikan kertas kesehatan kepada penumpang kapal.

“Sejauh ini mereka merespon dengan baik, apa yang kami lakukan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pengecekkan masih dilakukan secara manual oleh petugas. Pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan memasang alat thermo scanner yang bisa memantau suhu tubuh penumpang secara massal.

“Jadi mereka lewat langsung terpantau, dan lebih cepat dan tidak menganggu waktu wisatawan yang datang,” jelas dia.

Budi Habli yang merupakan salah seorang penumpang menuturkan tidak ada masalah terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas.

Dirinya menilai ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk melindungi warganya, hanya saja dia menyayangkan penggunaan alat yang terbatas.

“Jadi lama, kita kan ada keperluan,” ujarnya.

Pantauan Batam Pos (grup batampos.co.id) di Pelabuhan Internasional Sekupang, puluhan penumpang terlihat antre saat dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Selain itu penumpang kooperatif mengisi kertas kesehatan yang dibagikan oleh petugas KKP. Hasil pemeriksaan semua penumpang sehat, dan tidak ada yang dicurigai. Tiga petugas terlihat memberikan penjelasan terkait pengecekan yang dilakukan.(cr17)

Respon Anda?

komentar