Munaslub Berjalan Datar, Akhirnya Mantan Bupati Ini Pimpin Hanura Sumut

474
Pesona Indonesia
Bendera Hanura. Foto: Dok.JPNN
Bendera Hanura. Foto: Dok.JPNN

batampos.co.id – Seperti yang diperkirakan sebelumnya, mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Tuani Lumban Tobing akhirnya terpilih menjadi Ketua DPD Hanura Sumut sisa periode 2015-2020 pada agenda Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) di Grand Serela Hotel, Selasa (31/8).

Proses Munaslub sendiri berjalan datar, tidak nampak kompetisi dari sesama kader Hanura untuk memperebutkan kursi Ketua DPD Hanura Sumut.

Maklum, ada persyaratan khusus yang harus dikantongi para calon yakni mendapat restu atau rekomendasi DPP untuk dapat menjadi Ketua DPD Hanura Sumut. Meski ada syarat umum seperti mengantongi dukungan minimal 30 persen dari jumlah suara pada arena Munaslub.

Munaslub sendiri dibuka oleh PLh Ketua Umum DPP Hanura, Chairuddin Ismail. Sementara itu, Teguh Samudra selaku Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Hanura Sumut didapuk menjadi pimpinan sidang Munaslub bersama Landen Marbun.

Satu persatu pengurus DPC Kabupaten / Kota diverifikasi keberadaannya. Dan hasilnya dari 33 DPC kabupaten / kota hanya 31 yang memiliki suara pada arena Munaslub. “Perwakilan DPC Kabupaten Langkat tidak hadir, sedangkan DPC Humbang Hasundutan (Humbahas) tidak memiliki suara karena belum ada Surat Keputusan (SK) perpanjangan kepengurusan,” kata Landen Marbun seperti diberitakan Sumut Pos (Jawa Pos Group) hari ini (1/9).

Usia verifikasi dilakukan, Plt Ketua DPD Hanura Sumut, Teguh Samudra membacakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP terkait calon Ketua DPD Hanura Sumut.

Teguh menyebut, DPP Partai Hanura hanya mengeluarkan satu surat rekomendasi yang ditujukan kepada Mantan Bupati Tapteng, Tuani Lumban Tobing.

Karena hanya ada satu calon, pimpinan sidang Munaslub langsung meminta persetujuan dari peserta, dimana pemilik suara dengan kompak menyetujui rekomendasi tersebut.

Tuani Lumban Tobing sendiri mengucap syukur atas amanah yang telah diberikan kepadanya. Dia pun berjanji akan membesarkan partai Hanura.”Kalau bisa visi misi, semua sudah jelas tertuang didalam Anggaran Dasar (AD) Anggaran Rumah Tangga (ART) partai, itu akan saya ikuti,”kata Tuani saat memberikan pidato usai didapuk menjadi Ketua DPD Hanura Sumut sisa priode 2015-2020.

Kata dia, salah satu visi misi partai Hanura ialah tidak membuat orang lain sakit hati. Sedangkan untuk memenangkan Pilkada 2019, perlu kerja keras dan meningkatkan kedekatan dengan masyarakat.”Dalam waktu dekat, targetnya adalah kantor baru. Sedangkan pelantikan hanya sekedar seremonial, yang jelas setelah itu perlu kerja keras membesarkan partai,”akunya.

Sebelumnya, Plh Ketua Umum DPP Hanura, Chairuddin Ismail menyebutkan agenda Munaslub digelar karena Ketua DPD Hanura sebelumnya tersangkut masalah hukum. “Karena posisi ketua kosong kita gelar Musdalub dengan sistem demokrasi antar individualisme kekeluargaan yang digabung sehingga atasan yang memilih calonnya,” ujar Chairuddin.

Dia mengaku awalnya ada tiga calon yang muncul pada Musdalub DPD Partai Hanura Sumut. Namun salah satu mengundurkan diri.”Jadi ada dua calon yang tersisa pertama Tuani Lumbantobing mantan Bupati Tapteng serta Brigjen (Purn) Nur Azizah. Kita lihat saja nanti hasil rapat pleno siang ini siapa yang nanti terpilih berdasarkan rekomendasi dari DPP,” katanya saat ditemui sebelum pembukaan Musdalub. (jpg)

Respon Anda?

komentar