Pemko Tanjungpinang Ajukan Draf Perda Pemakaman, Ini Rincian Tarif Restribusinya!

548
Pesona Indonesia
Suasana ziarah kubur di pemakaman Taman Bahagia Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Kini, draf ranperda pemakaman telah diajukan dan akan dilakukan pembahasan bersama agar sistem pemakaman lebih tertata dan terdata. F.oto:Fatih Muftih / Batam Pos.
Suasana ziarah kubur di pemakaman Taman Bahagia Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Kini, draf ranperda pemakaman telah diajukan dan akan dilakukan pembahasan bersama agar sistem pemakaman lebih tertata dan terdata. F.oto:Fatih Muftih / Batam Pos.

batampos.co.id – Dalam draf rancangan peraturan daerah tentang pemakaman umum yang telah diajukan Pemerintah Kota Tanjungpinang, disebutkan rincian restribusinya. Adapun rincian tarif retribusi pelayanan pemakaman, yaitu pelayanan pengangkutan jenazah dipatok Rp150 ribu untuk dalam kota maksimal 20 km. Sementara luar kota dihitung mulai 20 km ke atas dengan tarif Rp 5000 per km.

Kemudian untuk pelayanan pemulasaran jenazah, penggunaan tempat pemulasaran jenazah Rp 50.000 per jenazah. Pemulasaran, penyiapan, dan pelaksanaan upacara jenazah Rp 100.000

Selanjutnya, untuk pelayanan penggalian dan atau pemindahan makam. Penyediaan tanah makam bagi dewasa Rp 300 ribu, bagi anak-anak Rp150 ribu. Penggalian dan penguburan jenazah dewasa Islam Rp 230 ribu, bagi dewasa Kristen Rp 445 ribu, dan bagi anak-anak Rp225 ribu.

Selanjutnya, pembuatan plakat nama nisan Islam Rp 780.000, nisan Kristen Rp 1.180.000. Biaya perlengkapan pemakaman Islam Rp 150 ribu, untuk Kristen Rp 50 ribu. Pembongkaran makam Rp255 ribu.

Ada juga tarif retribusi pelayanan penyediaan tanah makam cadangan yang diusulkan Rp 150 ribu per tahun. Kemudian, pelayanan penyediaan tanah makam tumpang. Penyediaan makam tumpang Rp 60 ribu per makam. Penggalian dan penguburan dewasa Islam dan Kristen Rp 230 ribu per makam.

Selanjutnya, untuk pelayanan kebersihan lingkungan pemakaman dipatok Rp 120 ribu per makam dalam setahun. Kemudian pelayanan penitipan jenazah di rumah duka Rp 100 ribu per hari.

Selanjutnya, pelayanan pengabuan jenazah Rp 500 ribu. Untuk peti mati model partikel Rp 750 ribu. Peti mati dari kayu dengan tebal 2 – 5 cm dengan tarif Rp 1,5 juta. Peti mati dari kayu dengan tebal lebih dari 5 cm dengan tarif Rp 3 juta. Sementara pelayanan penitipan abu jenazah Rp75 ribu per tahun.

Selain itu, ada pula izin pengelolaan tempat pemakaman bukan umum seharga Rp 150 ribu yang dibayarkan per tiga bulan. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar