Waspada! Karena Cuaca Ekstrim, Batam Diminta Siaga Bencana

623
Pesona Indonesia
puting beliung. foto: istimewa
puting beliung. foto: istimewa

batampos.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam, edarkan surat untuk menghimbau masyarakat Batam siaga bencana.

Mengingat, fenomena alam berupa peralihan cuaca yang cukup berdampak pada terjadinya bencana alam.

“Perubahan cuaca yang terjadi belakangan ini di Batam, bisa memicu terjadinya bencana alam seperti puting beliung, kebakaran lahan dan hutan, banjir, bahkan tiba-tiba panas matahari yang berlebihan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Siap Siaga BPBD Kota Batam, Zulkarnain.

Dikatakannya lagi, untuk waktunya tidak dapat dipastikan karena bencana akan datang secara tiba-tiba.

“Untuk itu, masyarakat Batam dihimbau waspada dan bisa menjadi pelopor siaga bencana,” terangnya.

Dalam surat edaran nomor 191/SE/PK/VIII/2016 itu juga dipertegas untuk mengikuti beberapa arahan yang diterapkan BPBD Kota Batam.

Terdapat tujuh poin diantaranya, meningkatkan kewaspadaan dini dan melakukan upaya antisipasi terhadap segala kemungkinan bahaya atau ancaman bencana yang akan timbul akibat perubahan cuaca.

Disamping itu, jika hal yang berpotensi bencana itu terjadi, masyarakat diminta agar segera menghubungi BPBD Kota Batam melalui line telepon yang telah disediakan.

“Diharapkan kerjasama yang solid antara masyarakat dengan instansi terkait untuk mengantisipasi pencegahan bencana alam di daerah kita ini,” pinta Zulkarnain. (cr15)

Respon Anda?

komentar