Antisipasi Zika ke Riau, Semua Kesehatan Penumpang Asal Singapura Diperiksa

866
Pesona Indonesia
Penumpang dari Singapura sedang mengisi kartu kewaspadaan kesehatan di ruang kedatangan luar negeri bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (1-9-2016)
Penumpang dari Singapura sedang mengisi kartu kewaspadaan kesehatan di ruang kedatangan luar negeri bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (1-9-2016)

batampos.co.id – Menkes RI langsung melakukan langkah-langkah menangkal Virus Zika menyebar ke Indonesia. Ia pun mengambil sikap tegas dengan mengeluarkan travel advisory ke Singapura.

Seluruh pintu masuk pun mulai memberlakukan pemeriksaan terhadap semua penumpang yang datang dari negeri Singa itu.

Termasuk di Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (1/9) mulai memberlakukan pemeriksaan intensif terhadap penumpang yang datang dari Singapura, sesuai dengan SOP nya, lalu menerapkan pemeriksaan semua penumpangnya dengan menggunakan Thermal Scanner.

Dikatakan General Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jay Tahoma Sirait, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang di SSK II dr Budi Hidayat.

“Kami di Bandara sudah mengaktifkan pendeteksi thermal scanner di pintu kedatangan luar negeri, Singapura,” kata Jaya kepada Riau Pos, Kamis (1/9).

Pengaktifan thermal scanner ini pun menempatkan petugas khusus dari KKP. “Sesuai SOP, KKP sudah siap melakukan pendeteksian virus Zika kepada semua penumpang dari Singapura,” jelasnya.

Dan terhadap penumpang itu juga didata dengan mengisi formulir untuk diberikan kartu kewaspadaan kesehatan menjadi suatu keharusan. “Sampai sejauh ini dari penumpang yang datang belum ada terdeteksi atau suspect, ” ungkapnya.

Jaya juga menyarankan supaya pelaksanaannya bisa lebih terkordinir, dan juga KKP bisa bekerjasama dengan airlines, dan juga semua pihak ground handling, agar kartu kewaspadaan kesehatan itu bisa dibagi diatas pesawat. “Tujuannya supaya penumpang bisa mengisi didalam pesawat saat terbang, dan ketika sudah mendarat bisa langsung diserahkan ke petugas di Bandara,” ungkapnya.

Sementara itu dari KKP kelas II Pekanbaru, menyikapi hal ini meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pemeriksaan intensif.

“Sejak beredarnya informasi perkembangan virus Zika di Singapura, kita langsung melakukan kewaspdaan dengan peningkatan pemeriksaan terhadap penumpang yang datang dari Singapura,” ujar Kepala KKP Kelas II Pekanbaru, dr Budi Hidayat.

Lebih lanjut dijelaskan Budi, setiap kedatangan penumpang yang turun dari luar negeri akan di cek suhu tubuhnya mereka masing-masing. Apakah dia panas atau tidak.

“Kalau suhu normal mereka akan mengisi berkas yang menyatakan mereka sedang dalam keadaan sehat,” ungkapnya.

Lebih jelas, Budi menyampaikan langkah-langkah detect, respon dan report yang dilakukan petugas adalah, antar lain, Dengan memberikan Health alert card (kartu kewaspadaan kesehatan), siapkan thermal scanner, dan lainnya.

Jika ditemukan penumpang yang sakit, petugas langsung mengambil tindakan pemeriksaan secara medis dan tindakan protektif untuk pencegahan. Lalu akan dirujuk ke rumah sakit.(jpg)

Respon Anda?

komentar