Franz Beckenbauer Diselidiki Atas Dugaan Korupsi

444
Pesona Indonesia
Franz Beckenbauer. (foto: express)
Franz Beckenbauer. (foto: express)

batampos.co.id – Legenda sepakbola Jerman yang juga merupakan presiden kehormatan Bayern Munich, Franz Beckenbauer, kini tengah menghadapi tim investigasi tindak kriminal Swiss atas dugaan korupsi.

Beckenbauer diselidiki bersama tiga rekannya yang merupakan penggerak utama dibalik suksesnya pencalonan Jerman sebagai tuan rumah Piala Dunia 2006.

Kantor kejaksaan Swiss menyatakan bahwa usaha pencarian pengumpulan bukti telah dilakukan secara serentak di delapan lokasi berbeda pada Kamis (1/9) lalu, dan seluruh orang yang dicurigai telah ditanyai.

Tersangka lain yang disebutkan adalah mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Wolfgang Niersbach dan Theo Zwanziger, dan mantan sekretaris jenderal Horst Rudolf Schmidt.

Keempatnya merupakan sosok senior di DFB selama usaha pencalonan tuan rumah Piala Dunia Jerman, yang mana Beckenbauer merupakan pemimpinnya, dan semuanya merupakan dewan eksekutif komite yang mengatur Piala Dunia 2006, dimana legenda Jerman tersbeut menjabat sebagai presidennya.

Jaksa mengidentifikasi keempatnya dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Kamis lalu, dan menyatakan, “Proses-proses ini khususnya berhubungan atas tuduhan penipuan, salah urus pidana, pencucian uang, dan penyalahgunaan kekuasaan.”

Majalah olahraga terkemuka Jerman, Der Speigel, mengabarkan bahwa pihak berwenang Swiss tengah mengejar kasus Beckenbauer atas dugaan pencucian uang dan pelanggaran kepercayaan.

Selama berkarir di lapangan hijau, Beckenbauer dianggap sebagai bintang sepakbola terbesar Jerman sepanjang masa. Ia meraih gelar juara dunia bersama Jerman Barat sebagai pemain di tahun 1974 dan sebagai manajer tim 16 tahun kemudian. (lor/sam)

Respon Anda?

komentar