Ruas Jalan di Batam Diperlebar, Total Panjangnya Sampai 34 Kilometer

594
Pesona Indonesia
Kemacetan terjadi di Sei Panas pada jam-jam sibuk. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Kemacetan terjadi di Sei Panas pada jam-jam sibuk. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam telah menargetkan pembangunan jalan di sembilan Kecamatan dengan total panjang hampir 34 kilomter. Hingga saat ini, progres pengerjaan tahun 2016 itu telah berjalan 30 persen.

Humas Pemko Batam Ardi Winata mengatakan proyek pembangunan jalan yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam menyasar sembilan Kecamatan, dengan total panjang jalan 33.843 meter.

Sembilan kecamatan itu adalah Bengkong, Lubukbaja, Sekupang, Batuaji, Sagulung, Seibeduk, Nongsa, Batamkota dan Galang. Jalan-jalan tersebut nantinya akan lebih luas karena diperbagus dan diperlebar.

“Ada 9 Kecamatan infrastruktur jalan yang akan dibenahi tahun ini. Semuanya akan diperlebar dengan total hampir 34 kilometer,” kata Ardi di Kantor Pemko Batam, kemarin.

Dikatakannya, jalan-jalan tersebut tak hanya lebih lebar, namun juga memiliki pedestrian untuk pejalan kaki. Dinas PU juga melakukan pembangunan dan perbaikan empat jembatan di tiga lokasi, yakni dua di kawasan Bengkong, satu bulang dan satunya lagi di Belakangpadang.

“Untuk jembatan ada di 3 Kecamatan, tapi 4 pengerjaan,” kata Ardi lagi.

Menurut dia, saat ini semua proyek sudah selesai lelang dan dalam tahap pengerjaan. Sebagian ruas jalan di beberapa Kecamatan ada yang sudah hampir selesai, seperti jalan di sekitar Nagoya.

“Yang lainnya masih on progress. Namun secara keseluruhan progresnya sudah 30 persen,” jelas Ardi.

Disinggung mengenai anggaran, Ardi mengaku belum mendapat angka pasti dari Dinas PU. Namun diperkirakan untuk pembangunan jalan itu bisa mendekati angka ratusan miliar.

“Belum mendapat data anggaran. Namun dipastikan anggaran untuk perbaikan ini sangat besar karena di sembilan Kecamatan,” sebut Ardi lagi. (she)

Respon Anda?

komentar