Jelang Idul Adha, Pengiriman Hewan Kurban dari Sumatera ke Jawa Melonjak

505
foto: cecep mulyana / batampos
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Mendekati hari raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi, pengiriman hewan kurban dari Sumatera menuju Jawa melalui pelabuhan penyeberangan Merak mengalami peningkatan signifikan.

Balai Karantina dan Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon mencatat, sepanjang Agustus 2016 jumlah pengiriman hewan kurban sebanyak 10.626 ekor sapi dan 8.210 ekor kambing dari Sumatera menuju Pulau Jawa.

“Pengiriman hewan melonjak cukup signifikan. Kita lakukan pemeriksaan dan pengawasan ketat,” terang Pitria Sari, Dokter Hewan Karantina Kelas II Cilegon, Jum’at (2/9).

Menurutnya, jumlah pengiriman kambing dan sapi tersebut merupakan angka yang tertinggi pada tahun ini, disebabkan permintaan hewan kurban yang yang cukup tinggi menjelang perayaan Idul Adha.

Pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap hewan-hewan tersebut sebelum melanjutkan perjalanan menuju tempat penjualan yang tersebar di Pulau Jawa. Ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penyakit yang dapat menular kepada tubuh manusia.

“Dari hasil pemeriksaan selama ini, tidak menemukan hewan yang sakit. Kita akan pisahkan hewan-hewan jika ada yang sakit dan tidak dapat melanjutkan perjalanan,” tandasnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar