Peralihan Cuaca, Batam Masih Akan Diguyur Hujan

427
Pesona Indonesia
Kondisi awan yang menghitam di Kawasan Batamcenter yang dilihat dari Jalan  Abulyatama, Batamcenter, Kamis (1/9). F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos
Kondisi awan yang menghitam di Kawasan Batamcenter yang dilihat dari Jalan Abulyatama, Batamcenter, Kamis (1/9). F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Hang Nadim Batam, Philip Mustamu mengatakan, Batam kembali masuk dalam masa penghujan dengan intensitas cukup tinggi.

“Sekarang masa banyak hujan. Tidak heran Batam dalam beberapa hari ini hampir setiap hari diguyur hujan,” ujar Philip, kemarin.

Ia menjelaskan, curah hujan yang terjadi diakibatkan bawaan angin yang berhembus dari arah Selatan.

“Bagian Selatan Indonesia umumnya adalah lautan luas, sehingga uap air yang dibawa angin dan mengarah ke Kepri khususnya Batam, mengakibatkan turunnya hujan dengan intensitas cukup besar,” paparnya.

Dalam beberapa hari kedepan, lanjut Philip, Batam juga wilayah Kepri lainnya masih akan mengalami hujan sedang hingga hujan lebat yang disertai kilat dan petir.

Namun, disamping itu, Philip juga menuturkan bahwa cuaca Batam sedang tidak tentu arah alias dalam masa peralihan cuaca.

“Ini sudah merupakan fenomena alam. Kadang selesai hujan lebat, bisa disusul dengan panasnya terik matahari yang menyengat,” sebutnya.

Untuk itu ia turut menghimbau masyarakat Batam agar waspada terhadap peralihan cuaca ini.

“Masa peralihan cuaca umumnya rawan penyakit. Orang mudah terserang demam. Kesehatan harus benar-benar dijaga agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari,” tutup Philip. (cr15)

Respon Anda?

komentar