Siapa Bilang Banyak Minum Air Putih Itu Sehat? Ini Bahayanya

1981
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kita sering mendengar minum air putih itu harus banyak. Semakin banyak minum air putih, maka akan semakin sehat tubuh kita.

Idealnya, kita dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Mungkin jika kita melakukan banyak sekali aktivitas, maka bisa lebih dari itu.

Memang tubuh manusia sangat membutuhkan cairan. Cairan tersebut berfungsi untuk membantu kerja dari sel-sel, organ dan jaringan di dalam tubuh manusia.

Dilansir dari laman India Times, berikut bahaya jika terlalu banyak minum air putih:

1. Resiko pada ginjal

Kita akan melihat peningkatan frekuensi ke toilet ketika kita minum banyak air. Secara ilmiah, jika kita buang air kecil berlebihan, ginjal kita harus bekerja banyak untuk menstabilkan sistem kita.

Jika kita minum banyak air tanpa mengambil istirahat yang tepat, darah dalam tubuh kita menjadi encer dan ginjal tidak bisa menyaring sampah dengan cukup cepat untuk menjaga keseimbangan natrium yang tepat.  Hal ini juga bisa menyebabkan kelelahan, mual dan jelas, sering buang air kecil.

2. Menempatkan tekanan pada jantung

Jika kita minum lebih banyak air dari yang dibutuhkan, maka hal ini bisa meningkatkan total volume darah kita. Dan peningkatan volume darah secara teratur bisa memberikan tekanan yang tidak perlu pada jantung dan pembuluh darah kita.

3. Memengaruhi sistem peredaran darah

Jika kita cenderung minum terlalu banyak air sekaligus maka hal ini bisa mencairkan cairan tubuh kita sehingga tingkat natrium dalam tubuh kita bisa menjadi sangat rendah yang menyebabkan sel-sel kita membengkak.

Hal ini bahkan bisa menyebabkan sel-sel otak kita membengkak dan menyebabkan hilangnya kesadaran, kejang dan bahkan membuat kita koma. Jika kita pernah mengamati pelari jarak jauh, mereka memang selalu minum air, tapi tidak minum terlalu banyak sekaligus. (fny/jpnn)

Respon Anda?

komentar