Zika Menyebar ke Malaysia, Satu Warganya Terjangkit Setelah Pulang dari Singapura

640
Pesona Indonesia
Menteri Kesehatan Malaysia memberikan penejlasan kepada pers terkait satu WN Malaysia yang terjangkit virus zika di Putrajaya, Kamis (1/9/2016). Foto;   Melissa Goh/channel news asia
Menteri Kesehatan Malaysia memberikan penejlasan kepada pers terkait satu WN Malaysia yang terjangkit virus zika di Putrajaya, Kamis (1/9/2016). Foto; Melissa Goh/channel news asia

batampos.co.id -Warga Indonesia yang ada di Singapura dan Malaysia harus lebih hati-hati. Virus Zika kini juga menyebar ke Malaysia setelah satu warga Malaysia terjangkit sekembali dari Singapura.

Di Singapura sendiri, jumlah yang terjangkit virus Zika terus meningkat. Hingga hari ini (2/9/2016), sudah 115 orang terjangkit.

Channel News Asia, Kamis (1/9/2016) melansir seorang wanita WN Malaysia berusia 58 tahun yang mengunjungi Singapura pada 19 Agustus lalu, positif mengidap virus Zika.

Wanita yang diketahui tinggal di Bandar Botanic Klang itu, langsung dirawat di rumah sakit Sungei Buluh dengan penanganan khusus agar tidak menyebar ke warga lainnya.

Terinfeksinya satu WN Malaysia itu dibenarkan Menteri Kesehatan Malaysia S. Subramaniam.

“Iya, dia dinyatakan positif Zika setelah mengalami ruam dan demam selama seminggu. Dia baru saja kembali dari Singapura dua minggu lalu,” kata Subramaniam.

Tak hanya ibu 58 tahun itu yang terinfeksi Zika. Putrinya yang bekerja di Singapura dan tinggal dan inggal di Paya Lebar, juga telah terinfeksi Zika.

Subramaniam pun terus gencar mensosialisasikan bahaya virus Zika ke WN Malaysia maupun warga negara lain yang tinggal di Malaysia. Khususnya mereka yang mobilitasnya tinggi dari dan ke Singapura.

Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia untuk mencegah penyeraban Zika di negaranya. Salah satunya, memantau dan mengecek setiap warganya maupun warga asing yang masuk ke Malaysia setelah bepergian dari Singapura.

Fogging untuk membunuh nyamuk Aides Aegepty yang merupakan vektor atau pembawa virus tersebut juga dilakukan di berbagai wilayah di Malaysia. (nur)

Respon Anda?

komentar