Federasi Bulu Tangkis Dunia akan Uji Cobakan Sistem Skor Baru

773
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) berencana kembali mengubah sistem skor yang saat ini tengah digunakan di semua turnamen internasional.

Saat ini, setiap pertandingan bulu tangkis digelar dengan sistem 3×21 poin. BWF berencana mengubahnya menjadi 5×11 poin untuk mempersingkat durasi sebuah pertandingan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Federasi Bulu Tangkis Asia (BAM) meminta seluruh anggotanya melakukan uji coba terkait rencana BWF itu.

“BAC akan mengevaluasi laporan dan timbal balik dari para pemain dan mempelajari durasi pertandingan dengan sistem baru tersebut, sebelum memutuskan akan menggunakannya atau tidak,” ujar Chief Operating Officer BAM, Kenny Goh seperti dilansir Badminton Planet.

Jika disetujui, sistem 5×11 ini adalah sistem poin keempat yang digunakan BWF. Sebelumnya, sudah ada tiga sistem poin yang digunakan.

Pada tahun 1873, untuk pertama kalinya aturan poin untuk bulu tangkis dikeluarkan. Saat itu, aturannya adalah 3×15, kecuali untuk sektor tunggal putri yang menggunakan 3×11, dan terdapat aturan pindah bola.

Pertama kali BWF melakukan perubahan dalam hal pengaturan poin terjadi pada tahun 2001. Saat itu, BWF memutuskan untuk menggunakan sistem 5×7 poin.

Hanya bertahan empat tahun, pada 2005, BWF kembali mengubah sistem poin tersebut. Aturan tersebut bertahan hingga kini, yakni 3×21 poin. (zul/JPG)

Respon Anda?

komentar