Jalur Putar Balik Depan RSUP Kepri akan Dilebarkan

1069
Pesona Indonesia
U Turn yang telah ditutup dengan pembatas di depan RSUD Kepri jalan WR Supratman Tanjungpinang, Jumat (2/9). Foto:Yusnadi/Batam Pos
U Turn yang telah ditutup dengan pembatas di depan RSUD Kepri jalan WR Supratman Tanjungpinang, Jumat (2/9). Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Jalur putar balik (u-turn) di depan Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Riau Km. 8 direncanakan akan dilebarkan. Hal ini demi memenuhi kemudahan aksesibilitas masyarakat dari dan ke rumah sakit.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Tanjungpinang, Wan Samsi membenarkan hal tersebut. “Pertimbangan pelebaran sudah diajukan ke provinsi. Tunggu dana dari sana dulu. Kan perlu kajian teknik rekayasa dan ruang juga,” katanya, kemarin.

Usulan yang disampaikan, sambung Wan Samsi, adalah membuat jalur lingkar sebagai putaran balik. Sebagaimana yang ada di simpang empat Pamedan. Hal ini tentu bakal mempermudah hilir-mudik dari dan ke rumah sakit. Sementara ruas putar balik yang ada saat ini dinilai masih belum memenuhi ruang minimum untuk putaran balik kendaraan dari dua arah dan cenderung membahayakan.

Sehingga berdasarkan kajian Dishubkominfo Tanjungpinang beberapa waktu lalu, untuk sementara waktu jalur putar balik tersebut dengan amat terpaksa mesti ditutup. Hal ini, sambung Wan Samsi, juga upaya memenuhi permintaan masyarakat. Tidak dipungkirinya, berulang kali terjadi kecelakaan di jalur tersebut. Sebab itu demi kebaikan dan keselamatan bersama setiap orang yang hendak menuju ke RSUP Kepri dari arah Km. 15 mesti mengambil jalur putar balik yang ada lebih dari 100 meter di hadapan.

“Kami sudah melakukan rekayasa lalu lintas juga bersama Satlantas Polres Tanjungpinang. Dan memang ada baiknya untuk sementara ditutup dulu,” ujarnya.

Hingga kini, Wan Samsi belum dapat memastikan kapan jalur putar balik tersebut kembali dibuka. Termasuk juga mengenai kepastian pelebaran sebagaimana yang diusulkannya ke Pemprov Kepri. “Apalagi sekarang lagi defisit. Tapi semoga bisa dikabulkan karena itu jalur ke rumah sakit, yang saya pikir memang harus diberi kemudahan arus lalu lintas di sana,” ucapnya.

Jamil, seorang keluarga pasien yang ditemui di area parkir RSUP Kepri, mendukung bilamana memang benar jalur putar balik itu diperlebar. Sebab bila ditutup seperti saat ini amat merepotkan. “Iya kalau membesuk tentu tak masalah putar 100-200 meter di depan. Tapi kalau darurat yang harus mendapat perawatan cepat tentu bisa jadi masalah kan,” ucapnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar