Legenda Jerman: Pep Guardiola Terlalu Banyak Bereksperimen

462
Pesona Indonesia
Pep Guardiola. (foto: AFP)
Pep Guardiola. (foto: AFP)

batampos.co.id – Legenda sepakbola Jerman, Lothar Matthaus, memberikan penilaian yang cukup mengejutkan tentang mantan pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola.

Matthaus membandingkan kinerja Guardiola dengan pelatih Bayern yang sekarang, Carlo Ancelotti.

Selama menangani Bayern, Guardiola sukses membawa klub itu juara Bundesliga dan Piala Jerman. Tapi, dia tak mampu membawa Die Roten memenangi Liga Champions. Padahal itu target yang dibebankan kepadanya.

Menurut Matthaus, kegagagalan Guardiola di Liga Champions terjadi karena pelatih asal Spanyol itu terlalu sering melakukan eksperimen. Hal itulah yang membuatnya sulit menemukan sebuah sistim dan skuad yang solid dan kosisten.

Lain halnya dengan Ancelotti. Menurut Matthaus, eksperimen seperti yang dilakukan Guardiola tidak akan terjadi di bawah pelatih Italia ini.

“Bersama Guardiola, saya selalu merasa bahwa ia ingin menunjukkan pada tim lawan, bahwa ia bisa menemukan kembali sepakbola. Sesuatu seperti ini tidak akan terjadi di bawah era Ancelotti,” kata Matthaus pada Bild.

“Sedangkan Ancelotti memberikan rasa percaya diri pada tim dan hal tersebut ditunjukkan dengan tiga trofi Liga Champions yang ia menangkan di Milan dan Real Madrid. Ia tidak berjudi, namun menurunkan pemain yang bermain lebih bagus.”

“Detail seperti ini yang akan membuat perbedaan. Skuad Bayern lebih sedikit musim ini, namun lebih berkualitas. Bayern kini menjadi favorit, di atas Real Madrid dan Barcelona, untuk memenangkan liga Champions,” pungkas Matthaus. (gbl/sam)

Respon Anda?

komentar