Waspada Sisa Bom Militer di Pulau Galang

770
Pesona Indonesia
Tim Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri menelusuri Pulau Panjang, Galang dengan menggunakan metal detector pada Kamis (1/9) lalu. Foto AKBP Bambang Wiji Asmoro untuk Batam Pos.
Tim Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri menelusuri Pulau Panjang, Galang dengan menggunakan metal detector pada Kamis (1/9) lalu. Foto AKBP Bambang Wiji Asmoro untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Di Kecamatan Galang terindikasi terdapat bom-bom sisa perang dunia II. Hal ini terbukti, dengan adanya temuan bom militer oleh masyarakat pada beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri, meminta masyarakat melapor bila menemukan benda-benda yang mencurigakan.

“Kami juga memberikan pengetahuan, bagaimana menangani tindakan awal penemuan bahan-bahan berbahaya seperti bom militer,” kata Kepala Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri, AKBP Bambang Wiji Asmoro, kemarin.

Ia mengatakan sudah melakukan sosialisasi tersebut pada Kamis (1/9) lalu di Pulau Panjang, Galang. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat tidak salah langkah menangani adanya temuan bom. Sebab bila salah langkah, akan menyebabkan hal-hal yang tak diinginkan.

“Kami tidak ingin timbul korban, ini juga dalam bentuk pelaksanaan program promoter Kapolri juga,” ucap Bambang.

Ia berharap kegiatan ini, membuat masyarakat dapat mengidentifikasi berbagai bentuk bom militer.

“Kalau ketemu, mereka (masyarakat,red) bisa langsung tau harus berbuat apa,” lanjutnya.

Dalam kegiatan ini, dihadiri seluruh tokoh masyarakat Pulau Galang dan juga anak-anak sekolah. “Kami lakukan kegiatan dari pukul 10.00 hingga sore,” ujarnya.

Bambang mengatakan bahwa pihaknya tak hanya memberikan sosialisai. Tim Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri menyusuri setiap jengkal tanahd di Pulau Panjang, dengan menggunakan metal detector.

“Kemarin (1/9) itu, kami tak menemukan. Sebab hujan lebat. Tapi ke depan akan tetap di pantau,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar