Zika Lebih Berbahaya Daripada DBD

807
Virus Zika
Virus Zika

batampos.co.id – dr. Erman Sp.A Spesialist Anak Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD EF) mengatakan gejala penyakit yang ditimbulkan oleh virus Zika dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD) tidak jauh berbeda dimana pasien mengaami panas tinggi, mengalami nyeri di persendian dan sering kehausan.

Perbedaannya kedua gejala itu terlihat dimana pasien penderita DBD, trombositnya drastis langsung menurun, sementara pasien yang disebabkan oleh virus Zika, thrombositnya menurun secara perlahan-lahan.

Meski demikian pasien yang disebabkan oleh Virus zika dengan DBD sama, namun efek yang ditimbulkan oleh virus Zika lebih berbahaya dibandingkan penderita DBD.

“Efeknya bisa mengenai Otak, jantung, dan organ lain, sementara efek yang ditimbulkan DBD, hanya dehidrasi yang mengakibatkan kematian jika terlambat ditangai,” ujar Erman, Jumat (2/9).

Saat ini, kata Erman semua pasien yang masuk ke RSUD belum ada yang terindikasi penyakit yang ditimbulak oleh Virus Zika.

“Memang sampai saat ini kita belum melaksanakan pengecekan laboratorium, namun dari pengecekan secara medis, khususnya trombosit semua pasien memang positif DBD,” terang Erman.

Erman juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak sepele dengan panas deman yang dialami oleh anggota keluarga.

“Kalau ada anggota keluarga yang mengalami panas turun, lebih dari tiga hari agar secepatnya di bawa ke Rumah sakit, atau puskesmas terdekat,” kata Erman.

Untuk penyebaran penyakit keduanya pun sama, disebabkan oleh nyamuk Dangue.

Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan 4M plus, yaitu Menguras tempat penampungan air, Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air, Menutup tempat-tempat penampungan air dan Memantau jentik. (cr14)

Respon Anda?

komentar