Ribuan Pencari Kerja Tamantan SMA Serbu Batam

870
Pesona Indonesia
Para pencaker saat berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ditempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Para pencaker saat berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ditempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Pencari kerja baru tamat sekolah luar daerah terus berdatangan ke Batam. Di Multi Purphose Hall (MPH) Pujasera Batamindo, pencaker yang dikenal fresh graduate itu mudah ditemui.

Misalnya saja Faretno Ardi,20, yang baru saja seminggu datang dari Padang Panjang Sumtera Barat. Tak tanggung-tanggung Faretno datang beserta empat orang temannya yang lain.

“Mumpung masih muda cari pengalaman dulu,” ungkapnya disela-sela melihat pengumuman lolos administrasi untuk bekerja di PT Kemet.

Menurutnya tidak hanya dirinya serta temannya yang baru datang dari kampung halaman untuk mengadu nasib di Batam Kamis (1/9/2016) lalu dia juga sempat ‘jalan’ dengan pencaker baru tamat sekolah asal Medan.

“Dia sekarang lagi keliling cari kerja,” ucapnya.

Pencaker baru tamat sekolah yang lain yakni Eka Adil Simatulang yang datang pada penghujung Juni lalu. Pria asal Medan ini mengaku datang ke Batam karena ajakan temannya.

“Teman saya sudah kerja, ada keluarga juga di sini,” katanya.

Tidak hanya pencaker luar Batam, pencaker baru tamat sekolah asli Batam juga ada. Seperti Nurul Sakinah yang ingin bekerja untuk mencari modal untuk kuliah.

“Cari kerja dulu, lanjut sekolah kayaknya belum,” ungkap warga yang enggan menyebutkan nama alamatnya ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi beberapa waktu lalu  membenarkan terjadi peningkatan pencari kerja beberapa bulan terakhir ini.

Sebelumnya saja tercatat ada lima ribu lebih pencari kerja. Beberapa bulan terakhr bertambah lagi. Namun Zaref belum berani menyebut angka pastinya karena masih terus di data.

Menurutnya, angka pencari kerja tak semata-mata disebabkan oleh pendatang baru namun disebabkan oleh lulusan SMA sederajat yang langsung mencari kerja setelah lulus sekolah.

“Setidaknya tamatan sekolah sekitar 40 persen dari jumlah yang tamat kemarin mencari kerja,” katanya. (cr13)

Respon Anda?

komentar