Harga Hewan Kurban Stabil, Tapi Pembeli Menurun

353
Pesona Indonesia
foto: cecep mulyana / batampos
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Menjelang hari raya kurban, harga hewan kurban di Natuna tetap stabil seperti biasa. Tidak terdapat keluhan warga karena peternak tidak menaikkan harga hewan kurban.

Saat ini harga sapi di Ranai antara Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Meski harga hewan kurban stabil, pembelian hewan kurban malah menurun dibanding tahun lalu.

Menurunnya minat kurban, terlihat dari sejumlah komunitas warga di Ranai. Salah satunya komunitas pedagang di pasar tradisional Ranai. Tahun lalu menyembelih 7 ekor sapi, tahun ini sekitar 4 ekor.

Tidak hanya itu, komunitas warga lainnya juga terjadi penurunan, misalnya komunis warga-warga dari pulau Sumatera.

Affuandris, merupakan pengurus warga Minang di Ranai mengaku, menurunnya minat warga ikut kurban disebabkan kondisi ekonomi belum stabil.

“Di organisasi kan ada nama-nama peserta tetap kurban, tapi tahun ini malah memilih untuk tidak ikut korban, karena kondisi ekonomi,” sebut Affuandris, Minggu (4/9).

Menurut Affuandris, harga hewan kurban saat ini masih stabil. Harganya kisaran Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Namun dengan kondisi ekonomi masih merosot, yang minat ikut kurban menurun dari tahun lalu.

“Malah sekarang ada masjid di Desa Tanjung belum ada hewan kurban,” ujar Affuandris.

Sementara beberapa rumah ibadah di Ranai yang sudah menetapkan jumlah hewan kurban, belum mendapat pemeriksaan kesehatan hewan kurban dari pemerintah.

Seperti ketahui, hewan kurban harus memenuhi keretaria sebelum dikurbankan, salah satunya kesehatan hewan, yang tidak menderita sakit yang membahayakan.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar