Jembatan Dompak Dipasangi Anti Petir dan CCTv

670
Pesona Indonesia
Jembatan Dompak
Jembatan Dompak

batampos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Heru Sukmoro mengatakan Jembatan I Dompak, Tanjungpinang yang semakin mendekati selesai pembangunannya akan dipasangi anti petir. Menurut Heru, tujuan anti petir tersebut dipasang adalah untuk mengalihkan tegangan lebih yang disebabkan oleh petir.

“Memang sudah menjadi kebutuhan di Jembatan I Dompak, Tanjungpinang, akan dipasang anti petir. Tujuannya untuk mencegah bahaya yang disebabkan oleh petir,” ujar Heru menjawab pertanyaan koran Batam Pos, Minggu (4/9)

Masih kata Heru, anti petir tersebut dipasang pada titik tertinggi. Yakni di bentangan busur utama yang saat ini masih dalam proses pengecoran. Apabila sudah selesai, maka akan dilanjutkan dengan pemasangan anti petir tersebut. Dijelaskan Heru, pemasangan anti petir tersebut memang sudah menjadi ketentuan.

“Nanti Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) juga akan mempertanyakaan hal itu. Karena memang menjadi sarat kelaikan, sebelum resmi digunakan,” jelas Heru.

Lebih lanjut katanya, setelah pembangunan Jembatan selesai, masih ada pekerjaan lanjutan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 mendatang. Yakni pengaspalan jalan sepajang 1.500 meter. Dijelaskannya, pelaksanaan tersebut tergantung pada kodisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepri tahun depan.

Beberapa waktu lalu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembangunan Jembatan I Dompak, Rodi Antari mengatakan pihaknya akan mengusulkan jembatan tersebut dilengkapi dengan (Close Circuit Television). Pasalnya dikhawatirkan jadi tempat orang berbuat mesum dan bunuh diri.

“Apa yang kita khawatirkan apabila sudah digunakan jembatan ini adalah rawan dijadikan tempat mesum. Selain itu juga tempat orang mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri,” ujar Rodi Yantari.

Lebih lanjut katanya, selain itu di pintu kedua sisi jembatan diharapkan ada petugas Satpol PP yang berjaga. Pasalnya jembatan tersebut memiliki sisi joging track, yang keberadaanya tidak bisa dilihat dari atas jembatan. Sehingga keberadaan CCTV menjadi sesuatu yang penting. Berangkat dari pemikiran ini, pihaknya akan menyampaikan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri.

“Insyah Allah tahun ini Jembatan I Dompak ini sudah mulai difungsikan. Kita berharap sebelum diresmikan untuk pengunaan oleh masyarakat, sudah dilengkapi dengan CCTV,” harap Rodi.

Kepala Seksi (Kasi) Jembatan di Dinas PU Provinsi Kepri tersebut juga mengatakan, pihaknya berharap di kedua sisi jembatan ada petugas Satpol PP yang berjaga. Menurut Rodi, untuk menghindari lokasi joging track dijadikan sebagai tempat mesum, selain memasang CCTV juga akan digunakan sistem buka tutup pintu masuk ke joging track.

“Joging track hanya sampai P-8, karena hanya pada lokasi bangunan yang menggunakan sistem box girder. Dari P-9 sampai ke P-31 tidak menggunakan joging track,” ungkap Rodi.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar