Banyak Warga Singapura Antusias Salurkan Hewan Kurban di Batam

545
Pesona Indonesia

29 - Sapi Jabresbatampos.co.id – Masjid Raya Batam menyediakan 200 ekor kambing dan 10 ekor sapi untuk Hari Raya Idul Adha 1438 H ini. Separuh jumlah itu, kemungkinan besar, dibeli warga Singapura.

“Antusias warga Singapura tinggi. Mereka akan menyalurkan daging kurbannya di sini,” kata Sekretaris Panitia Qurban Masjid Raya Batam, Muhammad Darwis, Senin (5/9).

Dari jumlah tersebut, delapan ekor kambing sudah dipesan sekaligus untuk aqiqah. Panitia akan memasak daging kurban tersebut. Warga Singapura akan menikmati masakan itu bersama panitia di ruang rapat masjid.

“Sebelumnya, kami juga akan membacakan doa selamat,” ujarnya.

Warga Singapura, menurut Darwis, rutin berkurban di Masjid Raya. Tahun lalu, mereka berkurban sebanyak 70 ekor kambing dan dua ekor sapi. Di tahun ini, diharapkan, jumlahnya lebih banyak.

“Silaturahmi Singapura – Batam ini sudah sering terjadi. Selain kurban ini, mereka juga sering menitipkan sedekah untuk masyarakat sini,” tutur Darwis.

Pembeli, kata Darwis bukan hanya dari warga Singapura. Masyarakat Batam juga sudah mulai memesan. Ada yang untuk disembelih di Masjid Raya, ada pula yang dibawa pulang untuk disembelih di masjid dekat rumah.

Selain itu, ada juga yang diamanahkan untuk diantar ke pulau-pulau kecil di sekitar Batam.

“Masjid dan mushala juga banyak yang mengambil hewan kurban dari kami. Karena kami akan memberi cashback untuk operasional masjid atau musala tersebut,” tambahnya.

Memang, kata Darwis lagi, jumlah kambing dan sapi yang disediakan Masjid Raya tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Ini lantaran kondisi ekonomi yang tengah surut.

Namun demikian, mereka optimis, kambing dan sapi tersebut akan habis. Biasanya, penjualan hewan kurban akan mengalami puncaknya di malam takbiran.

“Makanya kami menghimbau pada warga untuk segera mengambil kurbannya sekarang ini. Setiap hari, kami buka hingga pukul 20.00 WIB,” pungkasnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar