ConocoPhillips Serahkan PJU Tenaga Surya di Anambas, Jalan di 20 Desa Tak Lagi Gelap

455
Pesona Indonesia
Bupati Anambas, Abdul Haris, meletakkan material pertama pembangunan PJUTS di Pelabuhan Tarempa disaksikan Vice President CPIIL, Joang Laksanto (kiri), akhir pekan lalu. foto:istimewa
Bupati Anambas, Abdul Haris, meletakkan material pertama pembangunan PJUTS di Pelabuhan Tarempa disaksikan Vice President CPIIL, Joang Laksanto (kiri), akhir pekan lalu. foto:istimewa

batampos.co.id – ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd (CPIIL) bersama mitra kerjanya (kontraktor Blok B) menyerahkan 70 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) kepada Pemkab Anambas, akhir pekan lalu. Piranti ini selanjutnya akan dipasang di 20 desa di kabupaten termuda di Kepri tersebut.

Vice President CPIIL, Joang Laksanto, mengatakan program ini sebagai bagian dari kontribusi perusahaan dalam membantu percepatan pembangunan infrastruktur wilayah operasi Kontrak Kerja Sama (KKS) South Natuna Sea Blok B. Serah terima PJUTS secara simbolis disampaikan kepada Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Joang menjelaskan, 70 unit PJUTS ini tersebar di beberapa desa di Kecamatan Palmatak, Siantan, Siantan Timur, dan Jemaja untuk membantu masyarakat setempat menyediakan fasilitas umum dalam penyediaan listrik sebagai kebutuhan primer mereka, setelah makanan pokok dan bahan bakar. Kontribusi ini diharapkan dapat menambah tingkat keselamatan dan keamanan khususnya bagi pengguna pelabuhan desa dan jalan di wilayah tersebut. Karena di kabupaten tersebut mengalami kekurangan listrik, sebagai salah satu daerah terluar negara.

Dalam pembangunannya, CPIIL mewakili para kontraktor Blok B, telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, masyarakat dan lembaga nirlaba yang membantu pengembangan proyek energi terbarukan, Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL). Pengembangan program PJUTS ini dilakukan mulai awal tahun ini yang memerlukan teknologi dan sumberdaya terbarukan karena menggunakan tenaga surya.

Teknologi ini dipilih karena memiliki beberapa keuntungan. Seperti keramahan lingkungannya, aksesibilitas, kemudahan pemasangan, dan pemeliharaan yang sederhana yang mana akan menjadi tanggungjawab para penerima manfaat.

“Sebagai tetangga korporasi yang bertanggungjawab, melakukan program Tanggung Jawab Sosial (TJS) merupakan komitmen kontraktor Blok B membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami, khususnya wilayah operasi di Propinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bantuan PJUTS ini semoga dapat membantu masyarakat setempat melakukan aktifitas sehari-hari dengan aman. Kami berharap para penerima manfaat, dengan kolaborasi bersama pemerintah daerah, akan dapat memelihara kontribusi ini dalam jangka waktu yang panjang juga,” ucap Joang.

Sejak program dilakukan pada awal tahun ini, masyarakat setempat yang tinggal di Kecamatan Palmatak dan Siantan Timur telah menikmati manfaat dari 50 unit PJUTS yang sudah dipasang pada fase I. Sedangkan 20 unit lainnya akan dipasang kemudian.

Saat ini, jalan-jalan desa, masjid, dan pelabuhan-pelabuhan menjadi lebih terang di malam hari setelah pemasangan bantuan PJUTS ini. Hal ini juga memudahkan para pengguna fasilitas umum. Lebih lagi, seiring dengan berkembangnya populasi warga, kontribusi ini diharapkan akan memberi manfaat kepada lebih banyak orang yang tinggal di Kabupaten Kepulauan Anambas. (par/bpos)

Respon Anda?

komentar