Ditjen Udara Akan Verifikasi Bandara Ranai Sebelum Menerima Hibah

412
Pesona Indonesia
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Pemerintah daerah belum mengoperasikan terminal Bandara Sipil Ranai yang dibangun di kawasan Lanud Ranai.┬áPadahal, terminal bandara yang dibangun dari APBD sebesar Rp 206 miliar sudah selesai sejak akhir 2015 lalu.

Untuk penyerahan aset ini pun DPRD membentuk panitia kerja. Sebab sejauh ini DPRD menilai Ditjen Perhubungan Udara belum menerima hibah aset terminal bandara yang dibangun Pemda Natuna.

“Kami sudah berkomunikasi, DJU akan terlebih dahulu melakukan verifikasi aset terminal bandara yang bakal dihibahkan,” kata Harken, anggota Panja DPRD Natuna kemarin.

Penyerahan aset tersebut sebelumnya terkendala pembayaran yang belum lunas dari Pemkab Natuna kepada perusahaan. Namun saat ini sudah dilunasi.

Sekretaris perhubungan Pemkab Natuna M Amin mengatakan, penyerahan aset setelah masa perawatan fisik oleh perusahaan selesai pada bulan Agustus kemarin. Pengelolaan dan penggunaan bandara dan enclave sipil, kata Amin, sebelumnya sudah disepakati MoU antara Pemkab dan TNI AU. Nanti enclave sipil akan dikelola Unit Pelenyelenggara Bandar Udara (UPPBU).

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, terminal bandara akan dihibahkan kepada kementerian perhubungan, saat ini dalam proses.

“Sekarang kepala dinas perhubungan masih di ditjen udara mengurus penyerahan aset bandara sipil,” kata Hamid Rizal, Senin (5/9).(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar