Inggris Kagumi Industri Kapal di Batam

1127
Pesona Indonesia
Mr. Phil Wyithe (tengah), Deputy Director Of Trade Invesment British Embassy Jakarta, saat berdialog dengan manajemen PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Senin (5/9/2016) siang. Foto: Dalil Harahap/batampos
Mr. Phil Wyithe (tengah), Deputy Director Of Trade Invesment British Embassy Jakarta, saat berdialog dengan manajemen PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Senin (5/9/2016) siang. Foto: Dalil Harahap/batampos

batampos.co.id – Rombongan kedutaan besar Inggris di Jakarta mengunjungi kawasan industri galangan kapal PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Senin (5/9/2016) siang. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui potensi galangan kapal yang ada di Batam.

Dalam kunjungan tersebut Mr. Phil Wyithe selaku Deputy Director Of Trade Invesment British Embassy Jakarta cukup kagum dengan situasi dan keadaan perusahaan galangan yang ada di Batam khususnya PT Citra Shipyard.

Dia menilai bahwa perkembangan perusahaan galangan kapal serta perusahaan lain pada umumnya cukup bagus. Kedepannya pihaknya akan berupaya untuk mempromosikan atau merekomendasikan situasi industri khususnya galangan kapal yang ada ke luar negeri, terlebih ke Inggris untuk bisa bekerja sama baik dalam proyek pembuatan kapal, maupun pengadaan barang industri lainnya.

“Ya cukup bagus dan kami akan upayakan ada kerja sama dengan pihak luar, supaya sama-sama terus berkembang,” ujarnya.

Dari hasil diskusinya dengan pihak PT Citra Shipyard, Mr Philip mengatakan, situasi industri di Kota Batam yang cukup kompetitif ini bisa memiliki peluang kerja sama dengan Inggris untuk pembuatan kapal ikan, pelabuhan kontainer, hotel, dan bahkan pesawat terbang. “Banyak peluang dan ini akan jadi pertimbangan kami nantinya,” ujarnya.

Upaya kerja sama yang diperjuangkan itu kata Philip tidak semata untuk kepentingan negaranya tapi juga kemajuan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Sebab dengan kerja sama itu kedua belah pihak akan saling bertukar pikiran atauapun produk dan teknologi sehingga kualitas hasil produksi akan lebih bagus lagi.

General Manajer PT Citra Shipyard, Abi yang mewakili Direktur Utama PT Citra Shipyard Aly Ulay menyambut baik kunjungan tersebut. Kepada kedubes Inggris tersebut, Abi mengatakan, memang perusahaan khususnya perusahaan galangan kapal di Batam perlu ada dukungan dari semua pihak termasuk negara lain.

Kondisi industri galangan yang belakangan sempa down memang sangat membutuhkan kerja sama dari semua pihak agar kembali bergairah.

“Ini akan sangat baik jika ada kerja sama dan saling dukung dengan perusahaan luar. Kami apresiasi atas itu,” kata Abi.

Memang diakui Abi saat ini ada wacana dari PT Citra Shipyard untuk membangun sejumlah proyek seperti container port, jetty, kapal nelayan sehingga memang perlu peralatan yang modern.

“Kita butuh desain dan peralatan yang modern dan kalau ada tawaran kerja sama kami sangat siap,” ujar Abi.

Selain itu dengan adanya kunjungan tersebut, Abi berharap agar kedubes Inggris tersebut bisa membawa projek-projek dari luar ke Batam khususnya di PT Citra Shipyard agar industri galangan kapal di Batam semakin berjaya ke depannya.

Hadir dalam kunjungan tersebut perwakilan Badan Pengawasan (BP) Batam yakni Purnomo Andiantono selaku direktur promosi dan humas BP Batam. (eja/koran bp)

Respon Anda?

komentar