Jerawat di Kening Merupakan Indikasi Masalah Pencernaan

200
Pesona Indonesia

000245_501725_rambut_kutuan_besarbatampos.co.id – Jika akan sakit, biasanya tubuh mengirimkan sinyal-sinyal yang bisa kita deteksi.

Nah, jika lebih peka dengan sinyal-sinyal itu sejak dini, Anda bisa terhindar dari segala penyakit yang mengincar.

Berikut beberapa sinyal yang diberikan tubuh, yang sebaiknya jangan diabaikan, seperti dilansir laman Today, Minggu (4/9).

1. Botak di mahkota kepala.

Dalam pengobatan Tiongkok, mahkota kepala Anda diyakini sebagai pusat komando hormon. Setiap panas atau stres ke daerah ini bisa memengaruhi hormon dan menyebabkan rambut rontok.

Pengobatan Tiongkok menganjurkan Anda menjaga kesehatan rambut dengan perubahan gaya hidup.

Rambut rontok pada puncak kepala juga bisa menjadi tanda kebotakan pola pria atau androgenetic alopeci. Androgen tinggi atau hormon laki-laki yang tinggi adalah gejala yang diyakini konsisten dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Apa yang bisa Anda lakukan? Perhatikan perubahan di rambut Anda. Mengikuti diet bersih (tidak ada gula atau karbohidrat olahan) dan coba dapatkan delapan jam tidur malam.

Jika kerontokan rambut semakin parah, buatlah janji dengan dokter Anda.

2. Kuku rapuh.

Jika kuku Anda mudah patah atau rapuh, Anda mungkin kurang kalsium, zat besi, zinc atau vitamin B.

Apa yang bisa Anda lakukan? Tambahkan kalsium dan zat besi ke dalam makanan tinggi diet Anda, seperti susu dan sayuran brokoli atau kangkung yang sarat dengan kalsium dan zat besi.

Daging merah dalam jumlah sedang juga bisa membantu. Biji bunga matahari merupakan sumber kalsium yang baik.

3. Jerawat di dahi atau pipi.

Ini bisa sinyal alergi makanan atau intoleransi, menurut keyakinan Ayurveda. Jerawat kecil di pipi atau dahi bisa menjadi tanda dari masalah pencernaan.

Apa yang bisa Anda lakukan? Bersihkan diet Anda dengan menambahkan bakteri baik melalui makanan seperti kefir, yoghurt dan roti fermentasi.

Melacak apa yang Anda makan dan bagaimana kulit Anda bereaksi dengan menggunakan jurnal makanan.

4. Bibir kering.

Ini adalah tanda dari dehidrasi. Kurangnya air bisa menyebabkan keretakan pada bibir dan kulit di sekitar mereka. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang lemak esensial, seperti asam linolenat, omega 3 lemak dan omega 9 lemak.

Apa yang bisa Anda lakukan? Makan lebih banyak lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, ghee atau mentega. Tetap terhidrasi sepanjang hari, terutama saat panas atau ketika Anda sedang berolahraga.

5. Rambut kering atau rapuh.

Jika menemukan rambut Anda semakin tipis, rapuh dan rontok dengan mudah bisa menjadi tanda dari masalah tiroid.

Apa yang bisa Anda lakukan? Periksa tiroid Anda dan hormon lainnya, sambil menyeimbangkan diet.

Makan lebih banyak makanan yang kaya zat besi dan yodium seperti daging merah, sayuran hijau, nori dan rumput laut. (fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar