Mesin Pembangkit PLN Sudah Siap Difungsikan, Tiga Pulau Terluar Ini Bakal Terang Benderang

376
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas pertambangan dan Energi Pemkab Natuna, Ilham Kauli mengatakan, tiga mesin pembangkit PLN untuk penerangan di tiga kecamatan sudah tiba di Natuna.

Satu mesin untuk Pulau Tiga, kata Ilham, sudah dipasang dan dikoneksikan dengan jaringan listrik. Sementara dua mesin lagi sudah berada di Kecamatan Pulau Laut.

“Mesin pembangkit untuk Pulau Tiga sudah didaratkan dan dipasang. Untuk Pulau Laut baru tiba semalam, nanti dilanjutkan ke Pulau Subi,” kata Ilham, Senin (5/9).

Dikatakan Ilham, khusus di Pulau Tiga sudah tidak terdapat kendala. Namun sejauh ini baru dua pelanggan yang mendaftar. Sementara dengan kapasitas mesin 400 kilo watt, targetnya sekitar 600 rumah.

Saat ini di Pulau Tiga, sudah terpasang jaringan listrik layak operasi. Namun instalasi di rumah warga perlu dikeluarkan jaminan instalasi dan layak operasi. Dan perlu membayar biaya pendaftaran pelanggan.

“Kami sudah sosialisasikan kepada masyarakat Pulau Tiga mengikuti prosedur, supaya pembangkit bisa dioperasikan,” ujar Ilham.

Menurut targetnya, sambung Ilham, listrik di tiga kecamatan itu akan dioperasikan paling lambat bulan Oktober. Setelah semua persiapan selesai. Bahkan pemerintahan desa setempat sudah menyediakan lahan dan kantor untuk menunjang pihak PLN melayani penerangan listrik di kecamatan.

“Targetnya bulan ini, paling lambat bulan Oktober tiga kecamatan terluar sudah terang benderang,” kata Ilha.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar