Parpol Diminta Ikut Serta Sosialisasikan Pilbup Benteng

279
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar sosialisasi mengenai pencalonan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Benteng di Rumah Makan (RM) Riung Gunung, Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, Senin (5/9) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, KPU meminta agar seluruh partai politik (parpol) pengusung dan pendukung turut serta melakukan sosialisasi guna menyukseskan pilbup Benteng.

“Salah satu tugas dan fungsi (tupoksi) parpol adalah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Sebab itu, kami meminta agar teman-teman yang tergabung dalam parpol bisa membantu dalam aspek sosialisasi. Jangan sampai sosialisasi mengenai pilkada dibebankan kepada KPU saja,” kata Komisioner KPU Kabupaten Benteng Divisi Sosiliasisasi, SDM dan P2IP, Drs BJ Karneli.

BJ Karneli menjelaskan, salah satu peran serta yang bisa dilakukan oleh parpol adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menyadari pentingnya menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan nantinya.

Menurutnya, menggunakan hak suara merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Benteng periode 2017-2022 mendatang.

“Parpol diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih dan berbondong-bondong mencoblos. Jangan sampai menjadi golongan putih (golput),” tambah BJ Karneli seperti diberitakan Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini (6/9).

Pantauan BE, dalam sosialisasi ini, hadir diantaranya bakal pasangan calon (paslon) dari jalur parpol, Dr H Ferry Ramli SH MH, bakal paslon dari jalur independen Arsyad Hamzah-Medio Yudistio (Ar-Med) dan Medi Hasferi-Irman Jaya, tim pemenangan dari bakal paslon Henry-Ismail Bakaria dan M Sabri-Liana Naini. Selain itu, turut hadir pula sejumlah kader parpol yang akan berpartisipasi dalam pilkada mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST mengingatkan kepada seluruh bakal paslon untuk segera mempersiapkan syarat dan kelengkapan untuk mendaftar sebagai pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada 21-23 September ini. Salah satunya adalah menyerahkan bukti pengunduran diri bagi bakal paslon yang berasal dari PNS ataupun TNI.

“Dari jadwal yang ditetapkan, pendaftaran paslon, baik dari jalur parpol ataupun dari jalur independen akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 September. Mereka (bakal paslon) harus menyerahkan persyaratan sesuai dengan ketentuan,” terang Asmara.(jpg)

Respon Anda?

komentar