DPRD Inginkan SOTK Pemkab Natuna Lebih Ramping, Disahkan Bulan Ini

436
Pesona Indonesia
DPRD Natuna
DPRD Natuna

batampos.co.id – Ketua panitia kerja struktur organisasi tata kerja (SOTK) DPRD Natuna, Jarmin Sidik mengatakan, peraturan daerah yang mengatur perubahan SOTK paling lambat disahkan bulan September ini.

Dalam perombakan organisasi SKPD, kata Jarmin, DPRD menginginkan lebih diefesiensikan lagi. Sehingga tidak menimbulkan pemborosan anggaran daerah, untuk biaya rutin opersional SKPD yang membengkak.

“Perda perubahan SOTK ini sebenarnya tinggal dievaluasi lagi kepada Bupati, dan hampir rampung sekarang. Paling lambat bulan September ini sudah disahkan,” kata Jarmin, Selasa (6/9).

Dikatakan Jarmin, pengesahan perda SOTK jika terlambat akan berimbas pada keterlambatan pembahasan APBD tahun 2017. Tentu SOTK banyak mengalami perubahan berdasarkan instruksi Mendagri tentang tindak lanjut peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

Saat ini, sambung Jarmin, terdapat 31 SKPD dilingkungan Pemkab Natuna. Dalam ranperda diusulkan terjadi perubahan menjadi 28 SKPD, setelah dilakukan perampingan dan pemisahan bidang-bidang tertentu.

Menurut Jarmin, terdapat SKPD menjadi urusan wajib di pemerintah daerah, misalnya dinas kominfo. Dan kemungkinan bakesbang dan politik daerah menjadi instansi vertikal, yang menjadi urusan ke pusat.

“Inginnya DPRD itu, jumlah SKPD bisa dirampingkan lagi, supaya lebih efesiensi anggaran daerah, karena anggaran rutin SKPD terlalu besar saat ini,” ujar Jarmin.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar