Jelang Lebaran Haji, Cabai Tembus Rp 60 ribu

248
Pesona Indonesia
Warga membeli cabai di Pasar Pagi Jodoh, Rabu (2/3). Harga cabai merah kembali melambung hingga Rp 54 ribu per kg. foto: johannes saragih / batampos
Warga membeli cabai di Pasar Pagi Jodoh. Harga cabai merah kembali melambung hingga Rp 60 ribu per kg.
foto: johannes saragih / batampos

batampos.co.id – Satu minggu menjelang hari raya Idul Adha 1437 hijriah. Berbagai komoditi kebutuhan pokok mulai merangkak naik.

Seperti yang terjadi di Pasar Tibancentre, Sekupang. Cabai merah dan buncis merangkak naik hingga 80 persen dari harga awalnya.

Asep, pedagang sayur mengatakan kenaikan harga pokok seperti cabai merah sudah terjadi sejak beberapa hari belakangan.

Namun begitu permintaan tetap berjalan seperti biasanya. Harga cabai yang sebelumnya hanya Rp32 perkilonya naik menjadi Rp 56 ribu perkilogramnya.

Tambahnya, kebutuhan lain yang juga mengalami kenaikan adalah buncis, dari Rp 10 ribu menjadi 25 ribu perkilonya.

Menurut pria asal Sumatera Barat ini menjelaskan karena dua kebutuhan tersebut merupakan yang tak pernah absen apagi menjelang hari besar.

Pasca lebaran, kenaikan harga sekarang merupakan yang kedua kalinya, sebelum ini cabai merah sempat kembali ke harga normalnya yakni Rp 32 ribu. Sementara itu untuk harga ayam dijual Rp 32 ribu perkilogramnya.

“Masih normal kalau ayam,” kata dia, Selasa (6/9).

Nelly, 37 tahun mengeluhkan kenaikkan harga cabai yang mencapai Rp 60 ribu perkilonya. Meskipun begitu diakuinya cabai merah merupakan bahan pokok yang dibutuhkan.

“Jadi mau naik tetap saja dibeli,” ujarnya.

Keadaan yang sama juga terjadi di Pasar Ciptapuri, harga cabai merah dijual Rp 60 ribu perkilonya, buncis Rp 26 ribu, ayam segar Rp 34 ribu, daging ayam beku Rp 30 ribu perkilonya.

“Paling menonjol kenaikkannya adalah cabai,” ujar Nur penjual sayur mayur di Pasar Ciptapuri.

Herman penjual daging mengungkapkan, meskipun menjelang Idul Adha harga daging tidak mengalami perubahan. Saat ini daging segar masih dijual Rp 130 ribu perkilonya, sedangkan daging beku Rp 85 ribu perkilonya.

“Sama saja, tidak ada kenaikkan, atau turun harga,” ujar pedagang daging yang sudah berjualan selama tiga tahun di Pasar Ciptapuri ini.(cr17)

Respon Anda?

komentar