Lolos Fit and Proper Test, Komjen Budi Gunawan Tinggal Dilantik Jadi Kepala BIN

292
Pesona Indonesia
Budi Gunawan, Wakapolri yang kini diusulkan Jokowi jadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Sumber Foto: harianterbit.com
Budi Gunawan, Wakapolri yang kini diusulkan Jokowi jadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso, lolos fit and proper test di Komisi I DPR RI, Rabu (7/9/2016). Sumber Foto: harianterbit.com

batampos.co.id – Sesuai prediksi, Komjen Pol  Budi Gunawan lolos mulus dalam fit and proper Test  sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI, Rabu (7/9/2016).

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, Budi Gunawan  lolos dan berhak menjadi Kepala BIN dengan menggantikan Sutiyoso. Budi Gunawan pun tinggal menunggu dilantik secara resmi sebagai Kepala BIN.

Keputusan tersebut diambil setelah Komisi I DPR melakukan rapat internal terkait penunjukan Budi Gunawan.

“Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso,” ujar Abdul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin mengatakan, lolosnya mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) tersebut karena piawai saat menjawab pertanyaan dari anggota.

“Paparan fungsi dan peran betul-betul ia kuasai menyangkut ideologi polisi dan proteksi masyarakat, dan masalah teroris,” katanya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menambahkan, pada saat fit and proper test itu, mayoritas anggota Komisi I DPR menyinggung masalah pemberantasan teroris, proteksi masyarakat Indonesia dan masalah lain.

Ditambahkan Tubagus, mekanisme selanjutnya keputusan lolosnya Budi Gunawan akan dikirim ke pimpinan DPR untuk dibawa dalam rapat paripurna, selanjutnya diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik.

“Lalu surat kirim ke Presiden dan Presiden akan lantik Budi Gunawan,” ungkapnya.(cr2/JPG).

Respon Anda?

komentar