Menteri Pertanian Apresiasi Lingga Menjadi Lubung Padinya Kepri

574
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan sambutan saat rapat koordinasi tentang pangan bersama Menteri Pertanian di Hotel Novotel Batam, Selasa (6/9/2016) malam. Foto: istimewa/batampos
Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan sambutan saat rapat koordinasi tentang pangan bersama Menteri Pertanian Ri Andi Amran di Hotel Novotel Batam, Selasa malam (6/9/2016) malam. Foto: istimewa/batampos

batampos.co.id – Menteri Pertanian (Mentan)  RI Andi Amran Sulaiman mengapresiasi Lingga yang bisa menjadi lubung padinya Kepri. Apresiasi tersebut akan direalisasikan melalui dukungan pembukaan 4000 hektar lahan pertanian di Lingga Provinsi Kepri.

“Anggaran untuk membuka 4000 hektar lahan pertanian sudah ada.  Dan sekarang ini juga,  kita akan langsung turun ke Lingga, ” jelas Andi Amran saat memberikan sambutan sekaligus memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pangan Provinsi Kepulauan Riau bertempat di Novotel Hotel, Selasa malam (6/9/2016).

Andi Amran menjelaskan, pilihan untuk mendukung Lingga, karena ini harapan pemerintah, agar setiap wilayah perbatasan diseluruh Indonesia, bisa swasembada pangan. Untuk Kepri dan wilayah Indonesia umumnya, kita akan mencoba mengembangkan pertanian moderen.

Bicara pertanian moderen,  maka tidak ada kata lain,   metode yang digunakan adalah pupuk organik. Ini guna mewujudkan  hasil pertanian yang bisa diterima sekaligus menyaingi negara tetangga yang selama ini dominan dalam hasil pertaniannya seperti Vietnam, Filipina dan Myanmar.

Bahkan bila itu sukses, ini akan menjadikan Lingga lumbung padi organiknya Kepri,  pinta Mentan. Mentan pada kesempatan tersebut juga menantang 6 bulan kedepan ditambah wilayah lain yakni Natuna, 10 000 lahan pertanian berbasis organik bisa sukses terwujud di Kepri, harapnya optimis.

Sedangkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengaku bersyukur sekaligus tidak menyangka kalau di Kepri ternyata memiliki daerah yang bisa menghasilkan padi. Ini tentu inovasi yang telah dilakukukan oleh Bupati Lingga dan jajarannya.

Dan kami dari Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung sekaligus mengapresiasi, inovasi dan terobosan kreatif yang telah dilakukan Lingga, jelasnya.

Nurdin juga optimis,   kalau perhatian Pemerintah Pusat melalui Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang diyakini pasti bisa menawarkan teknologi moderen dalam bidang pertanian. Alhasil dengan teknologi moderen dalam pertanian, saya yakin hasil panen padi akan melimpah.

“Jika nanti Mentan sudah memberikan inovasi teknologi dalam bidang pertanian, saya optimis kedepan 1 hektar sawah di Lingga akan bisa menghasilkan 7 ton padi, ” tegas gubernur. (koran bp)

Respon Anda?

komentar