Pencari Kerja Bertitel Sarjana Meningkat

521
Pesona Indonesia

 

ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Persaingan pencari tenaga kerja saat ini, bukan hanya di kalangan lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Dari data yang diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, menyebutkan dari jumlah pencari kerja higga Juli 2016 terdapat 13.639 pencari kerja.

Lulusan SI menduduki posisi ketiga terbanyak, setelah lulusan SD yang terdaftar sebagai pencari kerja.

“Yang pertama tetap SLTA, namun akhir-akhir ini lulusan SI dan S2 juga mulai terlihat. Selama periode Januari-Juli terdapat 314 lulusan sarjana yang mencari kerja,” Kata Kepala Penempatan Disnaker Kota Batam, Maudy Vera Metang, Selasa (6/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi mengungkapkan saat ini banyak lulusan S1 bahkan S2 kesulitan mencari pekerjaan. Jika tahun lalu hanya ada 1-10 pencari kerja dari kalangan S1, sekarang bahkan jumlahnya naik menjadi 314 orang hingga Juli lalu.

 

 

Pemerintah saat ini juga tengah menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk melindungi tenaga kerja lokal. Perda ini nantinya, akan memberikan ketegasan mengenai lowongan dan mengatur tenaga kerja lokal serta TKA.

“Ini langkah dalam menghadapi serbuan TKA Ke Batam, kita harapkan kedepan tenaga kerja lokal mendapatkan kemudahan dalam mencari kerja, bukan hanya sebagai operator, tapi bisa juga jabatan penting lainnya,” jelas pria yang pernah menjadi guru ini.(cr17)

 

Respon Anda?

komentar