Tingkatkan Pelayanan, UPTD Trans Batam Lakukan Sidak

398
Pesona Indonesia
Bus trans Batam saat diturunkan dari kapal di Pelabuhan Kargo Batuampar. Foto: Bos/facebook/wajah batam
Bus trans Batam. Foto: Bos/facebook/wajah batam

batampos.co.id – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Batam melakukan sidak di koridor-koridor yang ada di Batam pada Selasa (6/9).

Sidak ini dilakukan untuk melihat optimal atau tidaknya pelayanan ticketing dan sopir Trans Batam. Selain itu, juga unntuk menekan kobocoran tiket.

“Sidak ini ada dua macam yang kami lakukan melalui misteri sofware dan turunnya tim pengawas,” kata Kepala UPTD Trans Batam, Abdul Madian, kemarin.

Ia menjelaskan sistem misteri sofware ini, merupakan pengawasan melalui orang-orang yang dimodali UPTD. Biasanya kata Abdul, para pelajar dipilih menjadi penumpang Trans Batam.

“Mereka kami modali, untuk naik Trans Batam. Lalu mereka akan menilai dan mencatat apa saja yang diperbuat petugas ticketing,” ujarnya.

“Buat laporan, yang akan disampaikan ke kami,” lanjut Abdul.

Sedangkan sistem kedua, tim pengawas yang turun langsung menanyakan pelayanan petugas ticketing pada penumpang. Pelayanan yang ditanyakan mulai dari adanya petugas memberikan tiket. Lalu apabila turun di halte, petugas membantu orangtua atau ibu hamil.

“Kami tanyakan hal itu, bila tidak ada. Maka akan kami tindak petugasnya. Kami minta saran juga, supaya Trans Batam menjadi lebih baik,” ucapnya.

Sidak ini kata Abdul, akan dilakukan pada setiap periode. “Ini berkelanjutan, jadi akan terus. Waktunya tak menentu,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk masukan, masyarakat bisa menelepon ke call center Trans Batam 082288286064. Atau memberi komentar di Facebook Trans Kota Batam.

“Bilang kurang nyaman, atau kinerja petugas kita tak optimal bisa langsung laporkan melalui dua media itu, Ini untuk menunjang, supaya kerja kita semakin profesional,” ucapnya.

Pantauan Batam Pos (grup batampos.co.id) saat sidak di koridor Sekupang-Batamcenter, pihak Trans Batam melakukan pengecekan di halte dekat Universitas Internasional Batam (UIB). Dua orang petugas memasuki Trans Batam, dan menanyai penumpang satu persatu.

“Hayo apa petugas kami beri tiket. Coba lihat saya, bukti tiketnya,” ungkapnya.

Petugas pengawas tersebut, lalu melihat tiket penumpang dan mencatat nomor register. “Terimkasih ibu-bapak, bila ada yang kurang pelayanan petugas kami. Laporkan saja,” ujarnya sembari tersenyum. (ska)

Respon Anda?

komentar