Visa Tak Lagi Gratis, Ini Estimasi Biaya Umrah

413
Pesona Indonesia
Jamaah Umrah saat tawaf di Masjidil haram. Foto: istimewa
Jamaah Umrah saat tawaf di Masjidil haram. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kepala Pengembangan Bisnis Asosiasi Bina Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (Asbihu-NU) Amir Machmudin Aziz menuturkan kebijakan visa haji dan umrah berbayar itu merupakan keputusan pemerintah Saudi yang sangat progresif. Kebijakan itu bisa menekan kepadatan jamaah di Makkah dan Madinah.

Dia juga menjelaskan kebijakan visa haji dan umrah berbayar itu tidak akan terlalu berpengaruh. ’’Khususnya untuk jamaah umrah. Sesuai dengan bidang yang saya tangani,’’ katanya.

Amir menuturkan jika aturan visa berbayar itu berlaku, otomatis akan dibebankan ke biaya paket umrah. Dia memprediksi besaran biaya pembuatan visa itu tidak akan sampai membuat orang menunda atau bahkan mengurungkan niat umrah. Baginya biaya visa yang dipatok 2.000 riyal itu masih relatif terjangkau.

Bagi dia selama ini lebih mudah mencari jamaah yang baru pertama kali berumrah. Dengan demikian bisa terhindar dari tagihan biaya pembuatan visa kunjungan sekali ke Arab Saudi.

Terkait kisaran harga umrah, dia menjelaskan rata-rata saat ini harga paket dimulai USD 1.600 per orang atau sekitar Rp 21 juta. Harga paket ini berlaku untuk hotel bintang tiga.

Sementara untuk kelas hotel yang lebih bagus seperti Hotel Zam Zam, harga paketnya bisa mulai USD 2.100 (Rp 27,5 juta). ’’Harga ini situasional. Dipengaruhi high atau low season,’’ jelasnya. (wan/jpg)

Respon Anda?

komentar