Vuris Zika Tak Pengaruhi Kunjungan Wisman dari Singapura ke Karimun

372
Pesona Indonesia
Wisman dari Malaysia ketika tiba di pelabuhan International Tanjungbalai Karimun.foto:tri haryono/batampos
Wisman dari Malaysia ketika tiba di pelabuhan International Tanjungbalai Karimun.foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Virus Zika yang menyerang negara Singapura, belum berdampak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Karimun.

”Untuk saat ini belum berpengaruh terhadap kunjungan wisman ke Karimun. Karena sudah diantisipasi pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan untuk pengecekan ketika memasuki pelabuhan international Tanjungbalai Karimun,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun H Syuryaminsyah, Selasa (6/9).

Hingga semester pertama, kunjungan wisman ke Karimun mencapai 57.865 jiwa yang didominasi wisman dari Malaysia, Singapura, India, dan sebagainya. Namun, dibandingkan semester pertama tahun 2015 lalu terjadi penurunan 1,6 persen atau 58.790 jiwa.

”Ya, kalau kunjungan wisman mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Rata-rata berkunjung secara berkelompok, atau kekeluargaan berburu pakaian dan kuliner yang cukup terjangkau. Dan Wisman yang berkunjung ke Karimun rata-rata kelas menengah ke bawah, kalau kalangan atas biasa ke daerah lain,” ucapnya.

Lanjut Wakmin lagi, target kunjungan wisman ke Karimun pada tahun 2016, mencapai 114 ribu jiwa, naik 3 persen dari tahun 2015. Namun, sejak tahun 2014 hingga tahun 2015 lalu target yang telah ditentukan tidak tercapai diakibatkan beberapa faktor seperti kabut asap pada tahun 2015 lalu. Kemudian, isu teroris maupun travel warning dari beberapa negara dan sebagainya.

”Pokoknya, kita upayakan kunjungan Wisman naik diakhir tahun ini. Biasanya, mereka datang ke Karimun berkunjung ke sanak famili yang ada di Karimun,” yakinnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Karimun Hj Sensissiana mengungkapkan, hingga saat ini belum ada korban virus Zika bagi wisman yang datang dari Singapura. Namun, demikian pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap kunjungan wisman dari Singapura.

”Insha Allah, jangan terjadilah. Kita minta kerjasamanya semua pihak ikut mengantisipasi virus Zika,” katanya melalui pesan singkat.

Pantauan di lapangan, petugas kesehatan melakukan pengecekan secara manual terhadap wisman yang tiba di pelabuhan international Tanjungbalai Karimun. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar