Asman Abnur Stop Moratorium CPNS

407
Pesona Indonesia
Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Asman Abnur. foto:net
Asman Abnur. foto:net

batampos.co.id – Menteri PAN-RB RI Asman Abnur memutuskan akan menghentikan program Moratorium CPNS yang dikeluarkan menteri sebelumnya. Ia mengaku lebih mengedepankan pola pikir bekerja profesional dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di tanah air.

Untuk itu, Asman Abnur telah membuat sebuah program yang mengacu pada pertumbuhan minus. Maksudnya jika ada seratus ribu ASN pensiun, maka lowongan CPNS yang akan dibuka 50 ribu saja. Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS atas kebutuhan di suatu daerah.

“Terkait CPNS, sekarang kita sudah mengacu kepada pertumbuhan minus. Dimana analisa kebutuhan akan disampaikan dari masing-masing daerah, berdasarkan itu penerimaan dilakukan nantinya,” kata MenPAN-RB RI seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group), hari ini (8/9).

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri asal PAN tersebut di sela kunjungan kerjanya ke Ibukota Provinsi Riau. MenPAN RB disambut Gubri H Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto. MenPAN-RB tampak lebih fokus meninjau Tagline yang dicanangkan Pemprov yakni Riau Go IT.

Dimana pelayanan publik sekarang harus dapat disiapkan dengan SDM berdaya saing tinggi. Dimana harus mengedepankan informasi dan teknologi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat luas. Karenanya ASN, akan terus secara rutin ditegaskan Asman Abnur untuk mendapatkan pelatihan kompetensi yang sesuai dengan Tupoksi kerja.

Mengenai kebijakan baru yang akan diterapkannya dalam penerimaan CPNS 2017 mendatang. Memang mengacu pada pertumbuhan ASN yang tidak lagi positif, tapi negarif. Dalam artian penerimaan akan dilakukan dengan melihat kemampuan dan kebutuhan seminim mungkin.

“Formasi diberikan berdasarkan jumlah yang pensiun. Kalau pensiun 100 ribu, maka penerimaan 50 ribu. Dengan melihat kemampuan dan keahlian, itu yang akan dilakukan,” sambungnya.

Sehingga ketika disinggung apakah 2017 mendatang pemerintah pusat akan melakukan penerimaan CPNS. Menurutnya proses dan tahapan tergantung dari kebutuhan di masing-masing institusi pemerintah atas perhitungan minusnya nanti.

“Kita tunggu analisa kebutuhan. Dari situ kebijakannya disiapkan untuk penerimaan,” tambahnya.

Asman Abnur berpesan kepada ASN di Provinsi Riau dan seluruh Kab/Kota agar sedapat mungkin terus bekerja dengan pola pikir melayani. Bukan lagi dilayani oleh masyarakat karena menurutnya hal tersebut sudah tidak berlaku lagi di era keterbukaan.

Memperkuat potensi diri dengan berbagai pendidikan juga harus terus dilakukan ASN sehingga benar-benar menjadi SDM berdaya saing bagi NKRI.(jpg)

Respon Anda?

komentar