Citra Shipyard Batam Dipromosikan ke Bangladesh

475
Pesona Indonesia
Duta  besar RI untuk Banglades Iwan Wiranataatmadja (Kiri Depan) foto bersama dengan Presiden Direktur PT Citra Shipyard Ali Ulai (Kanan Depan) usai mengunjungi PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Rabu (7/9). F Dalil Harahap/Batam Pos
Duta besar RI untuk Banglades Iwan Wiranataatmadja (Kiri Depan) foto bersama dengan Presiden Direktur PT Citra Shipyard Ali Ulai (Kanan Depan) usai mengunjungi PT Citra Shipyard di Seilekop, Sagulung, Rabu (7/9). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Duta besar besar RI untuk Banglades Iwan Wiranataatmadja mengunjungi kawasan Industri galangan kapal PT Citra Shipyard Batam di Seilekop, Sagulung, Rabu (7/9) pagi.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempromosi PT Citra Shipayrd sebagai perusahaan yang mampu memprodukasi kapal berkelas internasional ke Bangladesh.

Iwan dan rombongannya berdecak kagum saat mamasuki kawasan PT Citra Shipyard itu. Tidak saja kapal-kapal hasil produksi yang menjadi perhatian tapi juga sistem keamanan kawasan Industri juga dipuji oleh Iwan.

“Tertata dengan baik ya. Keselamatan memang harus nomor satu,” ujarnya membuka percakapan dengan direktur utama PT Citra Shipyard Ali Ulai.

Dikatakan Iwan, bisnis perkapalan di Bangladesh memang tergolong cukup bagus. Itu karena Bangladesh didominasi wilayah perairan baik itu laut ataupun sungai.

Pemerintah ataupun pihak swasta di Bangladesh juga tentu membutuhkan banyak kapal baik itu untuk alat transportasi ataupun alat pertahanan pemerintah.

Nah dengan adanya peluang tersebut, sebagai perwakilan Indonesia di sana, pihak kedubes bertekad akan mempromosikan keberadaan perusahaan galangan kapal di Indonesia ke Bangladesh.

“Salah satu yang kami perhitungkan adalah PT Citra Shipyard ini,” ujarnya.

Selama ini Bangladesh kata Iwan memang sudah familiar dengan berbagai produk dalam negeri seperti minyak, kertas, kareta api dan lain sebagainya, namun dalam bidang perkapalan belum begitu maksimal sehingga perlu adanya perkenalan dan promosi yang lebih maksimal lagi kedepannya.

“Peluang untuk pemesanan kapal di sana sangat besar. Jadi ini akan jadi tugas kami di sana untuk memperkenalkan kapal-kapal produk dalam negeri khususnya dari PT Citra Shipyard ini,” ujar Iwan.

Dikatakan Iwan, salah satu produk kapal yang paling dibutuhkan oleh Bangladesh adalah kapal berbahan aluminium.

“Di sana banyak sungai jadi kebanyakan harus kapal Aliminium karena lebih ringan,” ujarnya.

Untuk itu Iwan memastikan bahwa pihak PT Citra Shipyard yang sudah malang melintang dalam bidang produkasi kapal itu mampu memproduksi kapal-kapal berbahan aluminium itu.

Tidak hanya sekedar promosi, di depan manajemen pihak PT Citra Shipyard, Iwan juga berjanji dalam waktu dekat akan mendatangkan tamu dari Bangladesh untuk melihat langsung perusahaan yang dipromosikannya itu.

“Mereka yang tertarik untuk pesan kapal di sini akan saya undang datang lihat langsung nanti,” ujarnya.

Menanggapi itu, Direktur Utama PT Citra Shipyard Ali Ulai menegaskan, kapanpun pihak Bangladesh ingin memesan kapal, PT Citra Shipyard selalu siap.

“Pada dasarnya kami terima dengan senang hati pak. Semakin banyak yang pesan semakin bagus pak,” ujarnya.

Dikatakan Ali Ulai, PT Citra Shipyard yang merupakan perusahaan lokal saat ini sudah sangat siap untuk bersaing dalam skala internasional. Pesanan kapal dalam bentuk dan tipe apapun akan dilayani dengan baik jika memang ada kesepakatan.

“Itu kami sudah buktikan pak. Mulai pesanan dalam negeri (pemerintah dan swasta), sampai luar negeri kami sudah tunjukan hasil terbaik. Sekang kami juga sedang kerjakan dua kapal pesanan Malaysia,” ujarnya.

Jika kerja sama dengan pihak Bangladesh untuk pembuatan kapal itu bisa terlaksana dengan baik maka akan ada poin lebih, yang mana Indonesia khususnya Batam dengan Bangladesh memiliki geografis yang strategis yakni berdekatan melalui jalur perairan.

“Kedua negara ini disambungkan oleh laut jadi sistem delivery lebih cepat ,” ujarnya.

Untuk itu Ali berharap agar kedubes RI untuk Bangladesh tersebut agar benar-benar mempromosikan perusahaan galangan kapal lokal di sana sehingga banyak yang memesan kapal ke Indonesia khususnya di PT Citra Shipyard Batam.

“Kalau ramai pemasan, banyak pihak termasuk negara juga akan diuntungkan pak,” tuturnya. (eja)

Respon Anda?

komentar