Jelang Derby Manchester, Ini Rekor 5 Pertemuan Terakhir Guardiola Vs Mourinho

310
Pesona Indonesia

derby-manchester

batampos.co.id – Laga sengit bertajuk Derby Manchester yang akan tersaji akhir pekan ini tidak hanya menyajikan duel klasik Manchester United dan Manchester City.

Kehadiran sosok pelatih kedua tim, Jose Mourinho (MU) dan Pep Guardiola (City), menjadi magnet tersendiri dan menambah panas tensi pertandingan.

Sebagai pelatih, persaingan Mourinho dan Guardiola sudah lama tertanam. Terutama ketika keduanya menangani dua raksasa La Liga, Real Madrid (Mourinho) dan Barcelona (Guardiola).
Persaingan dengan tensi panas pun terus terjadi di antara keduanya, hingga Guardiola melatih Bayern Munchen dan Mourinho kembali melatih Chelsea.

Secara keseluruhan, kedua pelatih ini telah bertemu 16 kali, dengan rincian Mourinho menang empat kali, Guardiola delapan kali, dan imbang empat kali.

Berikut ulasan head to head 5 pertemuan terakhir Mourinho vs Guardiola:

1. Real Madrid vs Barcelona (11/12/11)

El Clasico di Santiago Bernabeu menjadi malapetaka bagi tuan rumah. Benzema sempat melambungkan asa Madridista saat memanfaatkan error kiper Barcelona, Victor Valdes. Namun situasi berubah saat Alexis Sanchez mencetak gol.

Ketegangan para pemain Madrid terlihat dari gol bunuh diri yang diciptakan Marcelo, sebelum akhirnya Cesc Fabregas menutup pertandingan dengan skor 3-1.

2. Real Madrid vs Barcelona (19/01/12)

Leg pertama perempat final Copa del Rey antara juara bertahan, Madrid, dengan tamunya di rivalitas El Clasico, Barcelona. Tak disangka Los Merengues dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, dengan kekalahan 1-2.

Madrid hanya mampu mencetak satu gol dari sang megabintang, Ronaldo. Sementara dua gol Barcelona besutan Guardiola sama-sama dilesakkan oleh bek, Puyol dan Eric Abidal.

3. Barcelona vs Real Madrid (26/01/12)

Drama empat gol terjadi Camp Nou pada perempat final leg kedua Copa del Rey. Barcelona yang sudah memegang keunggulan agregat 2-1 di leg pertama yang berlangsung di Santiago Bernabeu, sukses menyingkirkan sang juara bertahan dengan skor 2-2.

Pedro Rodriguez dan Daniel Alves muncul sebagai pencetak gol Barcelona, sementara gol Madrid muncul dari Ronaldo dan Benzema.

4. Barcelona vs Real Madrid (22/04/12)

Menerapkan formasi 4-2-3-1, mengandalkan trio Angel Di Maria, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo, yang mendapatkan bantuan visi bermain Mesut Ozil. Mourinho sukses membawa Madrid menang 2-1 di Camp Nou, pada ajang La Liga.

Sami Khedira dan Ronaldo jadi pencetak gol bagi Madrid, sementara Barcelona hanya sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 70 dari gol Alexis Sanchez. Kala itu Barcelona masih diperkuat Xavi Hernandez, Puyol, dan Victor Valdes.

5. Chelsea vs Bayern Munchen (31/08/13)

Ini pertemuan terakhir Mourinho dengan Guardiola yang terjadi pada 31 Agustus 2013, di ajang UEFA Super Cup. Chelsea yang sebelumnya menjuarai Europa League, melawan juara Champions League, Bayern.

Laga berlangsung di Eden Arena, Prague, Republik Ceko dan berlangsung sengit. Hasil akhir pertandingan di waktu normal berakhir 2-2, dari gol-gol yang diciptakan Frank Ribery dan Javi Martinez untuk kubu Bayern. Sementara pencetak gol Chelsea, adalah Fernando Torres dan Eden Hazard.

Drama penalti jadi penentu pemenang pertandingan, dan Bayern keluar jadi pemenang karena lima eksekutor penaltinya sukses menjalankan tugas. Sementara Romelu Lukaku, jadi pemain yang gagal mengonversi penalti menjadi gol bagi Chelsea. (fat/ps)

Respon Anda?

komentar