Lingga Targetkan Buka 10.000 Hektare Sawah, Mentan Ikut Menyemai

770
Pesona Indonesia
Menteri Pertanian Andi Amran saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (tengah) saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman menjanjikan akan membantu Kepri mewujudkan impian membuka 10.000 hektare sawah baru. Sekitar 5000 hektare akan menggunakan bibit padi organik yang rencananya dicetak di lahan-lahan perawan di Lingga.

Hal tersebut disampaikan langsung Mentan saat peresmian sekaligus menebar bibit padi organik di desa Bukit Langkap, kecamatan Lingga Timur, Rabu (7/9/2016) siang.

Bersama tim serta didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Bupati Lingga Alias Wello (Awe), Wabup M. Nizar, TNI AD secara simbolik Andi Amran turun ke lahan percetakan sawah menebar bibit padi organik yang baru pertama kalinya diterapkan di Indonesia.

“Untuk Kepri, kami targetkan 10.000 hektare. Disini (red Lingga) kita cetak 5.000 Hektare.
Keunggulan disini tanah masih perawan semua. Dengan tekhnologi, kita targetkan 3 bulan kedepan mulai panen,” ungkap Andi, optimis.

Meskipun beberapa waktu lalu, peruntukan cetak sawah yang bersumber dari dana APBN tersebut dipangkas, namun Amran mengatakan pihaknya telah mengubah struktur anggaran dan menyiapkan pencetakan 2000 hektare hingga 3 bulan kedepan.

“Enam bulan kedepan lanjutkan saja menjadi 5000 Hektare. Jangan ditunda, ada TNI yang bantu,” kata Amran lagi.

Untuk mendukung upaya tersebut, kata Amaran pihaknya juga telah menyiapkan pupuk organik bagi lahan-lahan baru. Dalam waktu dua pekan kedepan, ia pastikan pupuk akan sampai ke Lingga.

Selain itu, penerapan tekhnologi modren dikatakannya juga akan menjadi pendukung upaya percepatan percetakan sawah.

“Pupuk organik sudah ada. Satu dua minggu sudah tiba. Kita sudah telfon ke Jakarta agar segera mengirim tim dan ahli. Gubernur dan Bupati juga meching ini dengan saya, jadi kita tidak ragu-ragu,” katanya.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga turut memberikan semangat optimisme kepada warganya. Kondisi keuangan Kepri yang terpuruk saat ini, terang Nurdin jangan menjadi persoalan besar sebab masih banyak cara lain untuk membangun daerah ini.

Sementara itu, Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan kedatangan Mentan ke Lingga semakin membuatnya bersemangat mewujudkan pertanian Lingga menjadi daerah ‘terbilang’.

“Hari ini kita tanam, besok kita panen, lusa kita berbagi untuk sesama,” tukasnya.

Selain meresemikan percetakan sawah organik di Bukit Langkap, Lingga, Amran juga juga memberikan bantuan mesin pertanian, bibit padi organik, jagung dan pupuk organik. (hasbi)

Respon Anda?

komentar