PLN Perbaiki Mesin PLTD, Pemadaman Listrik Bisa Dikurangi

666
Pesona Indonesia
Para pekerja PLN ketika melakukan pemasangan orderdil mesin MAK yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu.foto:istimewa
Para pekerja PLN ketika melakukan pemasangan orderdil mesin MAK yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu.foto:istimewa

batampos.co.id – PT PLN (Persero) Rayon Tanjungbalai Karimun sudah mulai melakukan pemasangan orderdil mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Bukit Carok. Untuk tahap awal mesin MAK terdahulu dilakukan perbaikan, hingga mesin tersebut berfungsi untuk mengalirkan daya listrik mencapai 1,5 Megawatt. Setelah itu baru mesin kedua Allen dilakukan perbaikan seperti mesin pertama.

“Benar, teknisi kita sedang merakit mesin MAK dahulu. Yang diprediksikan beberapa hari kedepan sudah bisa berfungsi mesin tersebut,” jelas Manager PT PLN (Persero) Rayon Tanjungbalai Karimun, Fauzar Zain, kemarin (7/9).

Namun demikian, hingga saat ini pihaknya masih tetap melakukan pemadaman listrik, baik kepada pelanggan besar seperti hotel dan restoran, maupun rumah tangga.

“Alhamdulillah, sudah sepekan ini kita dapat meminimalisir pemadaman listrik kepelanggan. Tapi, kita tetap menghimbau agar melakukan penghematan listrik, seperti peralatan yang menggunakan listrik agar dimatikan apabila tidak diperlukan,” pesannya.

Masih kata Fauzar lagi, apabila satu unit mesin sudah beroperasi berarti masih terjadi kekurangan daya 1,5 Megawatt. Sehingga pemadaman tetap berlangsung, namun diprioritaskan bagi pelanggan rumah tangga yang tidak di padamkan. Dimana sebelumnya, gangguan dua unit mesin PLTD tersebut pertama tube injection dan exhauts cylinder head, kemudian kedua allen pada liner dan cylinder head.

Artinya, kedua mesin itu ada komponen yang rusak total sehingga harus dimatikan total mesinnya. Sehingga, secara otomatis daya yang dihasilkan kedua mesin berkurang menjadi 3 Megawatt. Dan saat ini daya secara keseluruhan hanya 23 Megawatt saat beban puncak.

“Sekali lagi saya mohon maaf atas ketidaknyaman para pelanggan PLN, beberapa pesan ini diakibatkan terjadinya kerusakan parah di mesin PLTD Bukit Carok,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, beberapa tempat yang aturannya terjadi giliran pemadaman listrik. Namun, hingga batas waktu yang telah dijadwalkan tidak terjadi pemadaman. ” Aneh pula sekarang tidak ada pemadaman. Tapi di radio diumumkan, giliran Bukit Senang mati tadi malam,” ucap Rani salah seorang warga Bukit Senang. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar