Tekong TKI Ilegal Ditangkap, Ngaku Dapat Untung Cuma Rp 300 Ribu

418
Pesona Indonesia
TKI Wanita. Foto: istimewa
TKI Wanita. Foto: istimewa

batampos.co.id – Polda Kepri berhasil menangkap tekong TKI Ilegal pada Rabu (7/9) dinihari, di Nongsa. Dua orang tekong itu Mz,41 dan Mb,27 diciduk saat sedang tertidur lelap.

Dari pengakuan kedua orang ini, mereka akan memberangkatkan lima orang TKI melalui salah satu pelabuhan tikus di Nongsa menuju Malaysia.

Selain menangkap dua pelaku Human Traficking ini, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan lima orang calon Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yakni Ey,Az, Am, Sh, dan Da.

“Mereka ini akan diberangkatkan ke Johor,” kata Kasubdit IV Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri, AKBP Ponco Indriyo pada Batam Pos (grup batampos.co.id).

Ia mengatakan bahwa lima orang yang akan berangkat ini, harus membayar sejumlah uang pada dua orang tekong tersebut.

Uang tersebut untuk biaya pemberangkatan mereka dan pengurusan berbagai dokumen. “Empat juta satu kepala, agar bisa diberangkatkan ke Malaysia,” ujarnya.

Mz yang dicecar berbagai pertanyaan oleh pihak kepolisian pada Rabu (7/9), mengakui bahwa baru lima bulan bekerja sebagai tekong TKI. Keuntungan yang didapatnya dari tindak kriminal ini, sebanyak Rp 300 ribu.

“Itu pun tak setiap hari dikirimnya. Tapi kami tak percaya begitu saja pengakuan pelaku, kami akan selidiki lebih lanjut,” ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang ini mengatakan para TKI semuanya berasal dari Kerinci, Jambi. Dari penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian, lima orang ini baru tiga hari di Batam.

Pada rencananya para TKI ini akan diberangkatkan, begitu sampai di Batam. Karena seringnya patroli yang dilakukan pihak kepolisian. “Makanya mereka menunda keberangkatan,” ucapnya.

Sementara itu lima orang TKI yang diamankan, mengatakan sudah pernah beberapa kali ke Malaysia. As dan An, dua wanita ini menyebutkan sudah pernah ke Malaysia sebanyak tiga kali.

“Sebagai pembantu di sana,” tuturnya.

Saat ditanyakan mengenai kenapa bisa mengenal Mz dan Mb, keduanya memilih bungkam. Walau ditanya beberapa pertanyaan yang lain, dua wanita ini tetap tak bicara sepatah katapun. (ska)

Respon Anda?

komentar