Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelabuhan Sekupang Sediakan Kapal Tambahan

497
Pesona Indonesia
Tampak penumpang mudik melalui Pelabuhan Domestik Sekupang untuk menaiki kapal, Minggu (19/6). F Dalil Harahap/Batam Pos
 Pelabuhan Domestik Sekupang. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Menghadapi libur panjang hari raya Idul Adha 1437 hijriah yang jatuh pada Senin, (12/9). Syahbandar Pelabuhan Sekupang terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kapten kapal.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi karena akhir-akhir ini cuaca di perairan Batam sedang memasuki angin kuat, ombak serta hujan deras.

“Cuaca tidak bisa ditebak, tapi yang jelas kita selalu waspada, apalagi kalau hujan disertai angin,” kata Kepala Syahbandar Sekupang, Komarudin, Kamis (8/9).

Jika cuaca tidak aman untuk berlayar, untuk menjaga keselamatan penumpang, pihaknya akan mengambil tindakan sepeti penundaan keberangkatan, bahkan jika terjadi dalam waktu lama mungkin saja pembatalan pemberangkatan.

Penumpang, menurutnya diperkirakan akan meningkat pada Minggu (11/9). Meskipun jumlah penumpang tidak seramai saat hari raya Idul Fitri, pihaknya tetap menyiapkan kapal cadangan sebagai antisipasi lonjakan penumpang.

“Libur lumayan panjang, dari Jumat-Senin,” ujarnya.

Lanjutnya, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini jumlah penumpang diperkirakan mengalami peningkatan hingga 10 persen.

“Tahun lalu kita bisa lima ribu lebih,” sebut dia.

Tambahnya, untuk tujuan yang paling padat adalah Tajungbalai, Moro, dan Karimun. Pihak operator juga menyiapkan kapal untuk mengangkut penumpang selama libur Idul Adha.

“Kapal kita siap, Dumai ada 11 kapal, dan Marina dua kapal,” ucapnya.(cr17)

Respon Anda?

komentar