Ayo Makan Ikan, Agar Kuat, Sehat dan Cerdas

624
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, Raja Ariza mencicipi hasil karya peserta lomba masa serba ikan, di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, kemarin. foto:jailani/batampos
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, Raja Ariza mencicipi hasil karya peserta lomba masa serba ikan, di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, kemarin. foto:jailani/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, Raja Ariza mengatakan angka konsumsi ikan masyarakat Kepri trendnya meningkat setiap tahun. Disebutkannya, pada tahun 2015 konsumsi ikan masyarakat Kepri mencapai 49,92 kilogram perkapita.

“Angka ini, jauh diatas angka konsumsi ikan perkapita nasional yang hanya mencapai 29,49 Kilogram perkapita pertahunnya,” ujar Raja Ariza disela-sela acara lomba memasak dan makan ikan tingkat Provinsi, melalui Gerakan Makan Ikan (Gemar Ikan) yang digelar di Aula Kantor Gubenur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis(8/9).

Menurut Ariza, perkembangan ini merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan. Pasalnya dengan banyaknya masyarakat Kepri mengkonsumsi ikan, tentunya akan menghasilkan generasi penerus bangsa lebih cerdas, sehat dan kuat. Dijelaskannya, kegiatan Gemar-Ikan, merupakan program Nasional Pemerintah dalam meningkatkan, budaya makan ikan pada masyarakat.

“Kepri sebagai daerah Kepulauan dengan 96 persen merupakan lautan, akan terus mendorong dan membudidayakan olahan makan ikan pada masyarakat, sebagai sumber protein yang menyehatkan bagi masyarakat,” jelasnya.

Pada kegiatan yang dibuka Plt Sekda Kepri, Reni Yusneli tersebut, Raja Ariza memaparkan, pelaksanaan lomba masak dan makan ikan tingkat Provinsi Kepri ini, menjadi sarana dalam rangka Gerakan Makan Ikan (Gemar Ikan) melalui lomba memasak Serba Ikan IX, Lomba Inovasi Masakan hasil Perikanan II, Festival Perikanan Nusantara Dan Lomba Aneka Masak, Pengukuhan Pengurus Forikan.

Lebih lanjut katanya, tema yang diusung pihaknya adalah “Budayakan makan ikan agar kuat, sehat dan cerdas”. Adapun tujuannya agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan bagai generasi penerus nantinya. Dikataknnya juga, lomba ini diikuti oleh seluruh anggota Tim Penggerak PKK dari tujuh Kabupaten Kota di Kepri, serta 30 Orang dari Pelaku usaha Kuliner yang bergerak dibidang perikanan.

“Untuk lomba inovasi masakan hasil perikanan diikuti 40 orang peserta, dimana dalam lomba ini diikuti dari Kabupaten Bintan yakni Bintan Tourism Institut sedangkan peserta dari kota Tanjungpinang dari SMK Negeri 2. Kegiatan ini digelar setiap tahunnya,” paparnya.

Ditambahkannya, pemenang dari lomba ini akan mewakili Provinsi Kepri untuk mengikuti Lomba Memasak Ikan Tingkat Nasional, yang akan diselenggarakan Kementeriaan Kelautan dan Perikanan. “Pada tahun 2015 lalu Provinsi Kepri, menjadi juara I Lomba kuliner masak ikan tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini, perwakilan terbaik dari lomba ini akan dapat menjadi juara dan mengangkat juga mengharumkan Provinsi Kepri ditingkat nasional,” tutupnya.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar