Bertemu Duterte, Ini yang Disampaikan Presiden Jokowi

592
Pesona Indonesia
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (foto: jpnn)
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Pertemuan bilateral antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte berlangsung selama kurang lebih 45 menit di Istana Merdeka, Jumat (9/9).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyatakan setidaknya terdapat tiga hal yang telah disepakati kedua negara.

Kesepakatan pertama yang dicapai ialah penyelesaian masalah sejumlah calon jemaah haji Indonesia yang berangkat dari Filipina.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Duterte terhadap 177 orang calon haji kita yang bermasalah dan 168 sudah diselesaikan. Kami ucapkan terima kasih,” ujar Jokowi dalam jumpa pers bersama Duterte.

Jokowi berharap sembilan WNI yang masih di Filipina bisa dibantu pemerintah setempat untuk dipulangkan. Kemudian, pembicaraan lain terkait dengan kuota haji Filipina yang digunakan oleh sejumlah jemaah haji Indonesia yang kini sudah berada di Tanah Suci.

Kedua pemimpin negara juga sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara bersama-sama.

“Tadi Presiden Duterte juga sudah menyampaikan untuk bisa diselesaikan bersama-sama. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih,” imbuhnya.

Selain itu, permasalahan utama yang dihadapi kedua negara terkait keamanan perairan Sulu juga berhasil dicapai kesepakatan. Presiden Filipina sepakat untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya sekaligus melakukan patroli bersama kedua negara.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama menjamin keamanan di Laut Sulu. Kita harapkan ke depan sudah tidak ada masalah keamanan lagi di Laut Sulu. Dan kita akan bersama-sama berpatroli untuk menjamin keamanan di laut itu,” pungkas Jokowi. (flo/jpnn)

Respon Anda?

komentar