Diisukan Bakal Kembali Dilantik jadi Menteri ESDM, Ini Tanggapan Archandra

283
Pesona Indonesia
Mantan Menteri ESDM Archandra Tahar. Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
Mantan Menteri ESDM Archandra Tahar. Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS

batampos.co.id – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar, kini sudah mengantongi status sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly. Hal itu dijelaskan oleh Yasonna saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR.

Yasonna menerangkan, setelah dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi, Archandra Tahar tetap menjadi WNI sesuai dengan prinsip perlindungan maksimum dan non-apatride stateless.

Menurut Yasonna, Archandra sudah kehilangan status kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) berdasarkan Certificate of Loss of United States sejak 12 Agustus 2016.

Hilangnya status kewarganegaraan AS Archandra juga sudah disahkan oleh Department State of the United States of America dan surat US Embassy pada 31 Agustus 2016.

Menurut kabar yang bredar, setelah mendapatkan status WNI, Archandra akan dilantik kembali menjadi Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi.

Namun, saat dimintai keterangan, pria yang sudah menetap 20 tahun di Amerika itu enggan menanggapi.

“Pertanyaan di luar itu saya tidak bisa jawab,” ujar Archandra di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (8/9). (jpnn)

Respon Anda?

komentar