Hindari Pungli di Pelabuhan, BP Batam Gunakan Sistem Host to Host

696
Pesona Indonesia
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam memperkenalkan sistem host to host pembayaran jasa kepelabuhanan.

Dengan konsep ini diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya pungli karena tidak lagi bertemu langsung dengan petugas.

“BP Batam mencoba membuat sebuah sistem digital untuk meminimalisir kemungkinan terjadi potensial lost dan pelayanan secara tatap muka atau sebelumnya manual, disamping itu ini kita buat se dinamis mungkin dan sistem lebih transparan dalam pelaksanaanya,” ujar Staff Khusus Anggota 3 BP Batam Bidang Pelabuhan, Nasrul, Kamis  (8/9/2016) Gedung IT BP Batam pada acara sosialisasi kebijakan ini.

Nasrul menjelaskan sistem host to host merupakan sebuah sistem yang diterapkan BP Batam yang menghubungkan server penyedia jasa dengan server bank untuk menunjang segala mekanisme di lapangan melalui sistem online bagi para pengguna jasa.

“Sistem ini berlaku untuk pembayaran kegiatan jasa kepelabuhanan oleh BP Batam yang dilakukan pada pelabuhan umum dan non umum,” ungkapnya.

Ia menambahkan pada peraturan ini para pengguna jasa terlebih dahulu melakukan registrasi untuk memperoleh penyataan umum kapal (PUK)  dan kemudian harus menyetorkan dana sebagai deposit sebesar 125 persen dari nilai estimasi biaya yang disetorkan pada pihak bank yang ditunjuk penyedia jasa dengan menggunakan rekening atas nama pengguna jasa.

BP Batam sebagai penyedia jasa menyediakan jasa kepelabuhan meliputi jasa kapal, jasa barang, jasa alat dan jasa penunjang kepelabuhan.

“Dana sebesar 125 persen dari  nilai estimasi seluruh layanan jasa yang diberikan kepelabuhanan dana tersebut di freeze di akun pengguna jasa, dana akan berkurang ketika pengguna jasa telah menggunakan jasa kepelabuhan setelah terbit perintah bayar,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pelabuhan Laut BP Batam, Bambang Gunawan mengatakan BP Batam siap memberikan pelayanan yang baik dan professional dengan didukung sistem baru dan sumber daya manusia (SDM) yang profesional.

“Saya berharap kepada seluruh pengusaha dan pihak yang berkepentingan untuk selalu bekerjasama dan dengan pengembangan system dan SDM yang lebih baik dan profesional dimiliki Kantor Pelabuhan BP Batam dapat lebih memberikan pelayanan yang baik,”ucapnya.

Pemimpin Bidang Pemasaran dan Bisnis Bank BNI Batam, Indarto menyambut baik langkah tersebut. Sebagai rekan BP Batam, BNI siap melayani para pengusaha agar aktivitas transaksi keuangan berjalan lancar, mudah dan aman.

“Melalui BNIdirect para nasabah perusahaan (non perusahaan) dapat melakukan transaksi keuangan dan memperoleh informasi transaksi dengan lancar, mudah, dan aman,” terangnya. (leo)

Respon Anda?

komentar