JCH Karimun Bersiap Menuju Padang Arafah

497
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Karimun H Aprizal mengatakan, saat ini 127 Jamaah Calon
Haji (JCH) asal Kabupaten Karimun bersama jamaah seluruh dunia sedang mempersiapkan fisik dan mental untuk menuju Padang Arafah. Pelaksanaan wukuf pada musim haji tahun ini, dilaksanakan pada 9 Dzulhijah 1436 H atau bertepatan pada Minggu.
Wukuf di Padang Arafah merupakan rukun ibadah haji, bahkan kegiatan utama atau inti atau dikenal juga dengan puncak pelakasanaan ibadah haji.

“Insha Allah, jamaah kita siap melaksanakan wukuf nantinya. Dan mereka akan berangkat besok (Sabtu-red) setelah salat Dzuhur dengan menggunakan transportasi bis dari hotel menuju Padang Arafah,” jawab Afrizal, Kamis (8/9).

Puncak ibadah haji adalah melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Di mana selama pelaksanaan wukuf, malam harinya para jamaah mengisi kegiatan dengan salat, dzikir, doa, membaca Alquran, dan berbagai kegiatan lainnya. Sedangkan, pelaksanaan wukufnya sendiri adalah tanggal 9 Dzulhijah, siang hari setelah matahari tergelincir. Dimulai dengan Salat Dzuhur dan Ashar dijama dan qashar lalu dilanjutkan dengan khutbah Arafah.

“Mudah-mudahan menjadi haji mabrur. Dan direncanakan akan tiba di tanah air melalui embarkasi Batam pada 18 September dari Jeddah langsung,” tuturnya.

Sementara salah seorang JCH Nasrum Muhammadiah mengungkapkan, para jamaah saat ini sedang melaksanakan ibadah seperti biasa. Walaupun cuaca kurang bersahabat, namun jamaah masih bisa menjaga kesehatannya. Terutama, bagaimana menjaga kekompakkan saat melaksanakan wukup nantinya.

“Paling penting jaga kekompakanlah. Maklum umat muslim dari penjuru dunia terpusat di Padang Arafah. Dan Arafah itu sendiri digambarkan sebagai miniatur Padang Mahsyar, tempat dikumpulkannya manusia setelah dibangkitkan dari kubur di akherat kelak,” jelasnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar